Gubernur Rohidin Mersyah : Bengkulu Ini “Wonderfull”

Rabu, 15 Mei 2019 | 7:44 am | 192 Views

BENGKULU SATU – Kesan Bengkulu terbelakang dan tertinggal lambat laun akan menghilang. Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beberapa waktu lalu dengan optimis.

Menurutnya, Bengkulu itu sudah wonderful. Artinya banyak sekali kelebihan yang bisa di eksplor. Ungkapan-ungkapan bahwa Bengkulu ini miskin, infrastruktur minim dan tertinggal harus dibalik, Bengkulu harus bangkit semangatnya.

Selain potensi wisata yang begitu indah, Bengkulu juga memiliki banyak potensi lainnya yang harus terus didorong untuk lebih maksimal.

Dikatakan Gubernur Rohidin, menurut riset ahli bidang batik nusantara, kain Batik Basurek Bengkulu merupakan satu-satunya batik yang paling memiliki filosofi.

“Semuanya itu Wonderful, selama ini kita anggap biasa-biasa saja, sebenarnya ini luar biasa, tidak ada alasan lagi tidak mengatakan Bengkulu Wonderful,” jelas Rohidin Mersyah.

5 Program prioritas Bengkulu Membangun

5 Program prioritas diyakini akan menjadikan Bengkulu ke depan semakin maju dan Berkembang. Fokus lima program ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan harapan masyarakat. Untuk itu wajib kita dukung dalam pelaksanaanya.

5 program prioritasi itu diantaranya :

1. Pengentasan Kemiskinan dan Meretas Ketertinggalan

2. Penguatan Komoditas Unggulan Agromaritim dan Hilirisasi

3. Pengembangan Infrastruktur Strategis dan Industrialisasi

4. Transformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi

5. Visit Wonderful Bengkulu 2020

pada program Wonderful Bengkulu 2020 merupakan ujung tombak bengkulu dalam mengenalkan skala potensi wisata dan juga keindahan Bengkulu hingga kancah nasional dan internasional. Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam hal ini telah mebukukan berbagai kegiatan wisata menjadi empat kluster untuk menghadapi Wonderful Bengkulu 2020.

Untuk kluster pertama yaitu Bencoolen Sport Tourism. Ini merupakan sebuah agenda wisata yang disajikan oleh Provinsi Bengkulu kepada wisatawan lokal dan mancanegara yang memiliki minat terhadap dunia olahraga. “Kluster pertama ini adalah Bencoolen Sport Tourism, dimana menunya mulai dari Bengkulu Run, Triathlon, dan kegiatan olahraga, ini patut dicoba dan dilaksanakan setiap tahun di Bengkulu,” ujar Gubernur Rohidin Mersyah.

Kluster kedua yakni, Festival Bumi Rafflesia. Dalam kegiatan ini akan menampilkan etnik kuliner serta tampilan budaya lokal yang ada di Bengkulu. Dimaksudkan untuk para wisatawan dapat mencoba berbagai sajian kulier daerah dengan rasa yang khas dan budaya Bengkulu yang masih terjaga.

“Karena selama ini kuliner dan budaya lokal banyak yang tidak mengenalnya, maka kita buka agenda wisata di kluster dua ini,” jelas Gubernur.

Pada agenda wisata kluster ketiga yakni, Festival Tabut, kegiatan ini merupakan event tahunan yang selalu dilaksanakan di Bengkulu. Selain memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, event tahunan ini juga mampu mendatangkan banyak wisatawan ke Bengkulu dikarenakan keunikan dan kekhasannya. Maka dari itu, kita harapkan event ini bisa terkenal hingga ke mancanegara.

Dan terakhir, Bengkulu memiliki Fetsival Bencoolen Marine yakni, sebuah festival yang nantinya akan dipusatkan di Benteng Marlborough dan akan bekerjasama dengan beberapa negara. Festival ini nantinya diadakan dengan harapan agar wisata sejarah dan potensi laut bisa tereksplorasi dengan baik.

“Kita punya potensi marine laut dan wisata sejarah, semua itu akan kita jadikan Wonderfull 2020”, terang Gubernur, dimana pada tahun 2019 ini juga sudah mulai di kerjakan. [ADV]

Related Post

Leave a Reply