Kejati Bengkulu Sidik Kasus Korupsi Irigasi Air Cendam Lebong

Rabu, 28 Agustus 2019 | 9:17 am | 833 Views

BENGKULU SATU – Akhirnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Bengkulu menaikkan status pengusutan dugaan tindak pidana korupsi Peningkatan Jaringan Irigasi Air Cendam Bawah Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong ke penyidikan.

Paket kegiatan itu diketahui milik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong senilai Rp 2,9 Miliar yang bersumber dari APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2018 lalu, yang dikerjakan oleh PT Valse Citra Mandiri.

“Iya benar, kasus irigasi Air Cendam di Lebong dengan anggaran Rp. 2,9 Miliar sudah naik status ketahap penyidikan. Tim dari Kejati sudah turun ke lokasi melihat keadaan yang sebenarnya seperti jalur pembuangan tidak jelas sehingga membuat banjir dari ujung irigasi itu. Kemudian kita juga sudah meminta keterangan dari beberapa orang yang mengetahui proyek itu,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Amandra Syah Arwan melalui Aspidsus Henri Nainggolan, Rabu (28/8/2019).

Baca juga : Kasus Korupsi Air Cendam Lebong, Akankah Juga Berjemaah?

Dijelaskan Henri, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan tim pada saat turun membawa ahli maka ditemukan ada perbuatan-perbuatan curang ataupun indikasi korupsi penyelewengan dari proyek tersebut.

“Mudah-mudahan tidak lama lagi kita akan menetapkan tersangka. Setelah penyidikan kita perdalam lagi hingga ada tersangkanya. Sembari mendalami kasus ini agar lebih terang pihaknya akan meminta bantuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu untuk melakukan audit agar diketahui estimasi kerugian yang dialami negara,” tandasnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu, pihak Kejati juga telah melakukan pemanggilan terhadap bendahara kegiatan pada pelaksanaan Peningkatan Jaringan Irigasi Air Cendam Bawah. Pemanggilan tersebut sebagai tindaklanjut surat penyelidikan Wakil Kejati Bengkulu dengan nomor : Print-421/L.7.1/Fd./08/2019 tertanggal 08 Agustus 2019. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply