Komisi II Terima Aspirasi Warga Teluk Sepang

Rabu, 6 November 2019 | 7:25 am | 30 Views

BENGKULU SATU – Berdirinya PLTU Batu Bara di Kelurahan Teluk Sepang Kota Bengkulu terus melahirkan polemik. Kali ini sejumlah warga menyambangi DPRD Kota Bengkulu mengadukan pihak PLTU yang dinilai telah ingkar janji perihal penyediaan lapangan pekerjaan.

Menurut keterangan salah seorang warga, yang merupakan Ketua LPM Teluk Sepang, Ujang Usman, penyediaan lapangan kerja bagi warga Teluk Sepang menjadi salah satu poin kesepakatan sebelum berdirinya PLTU. Di mana sejauh ini baru beberapa warga Teluk Sepang saja yang dipekerjakan.

“Jadi kita hari ini datang dan melakukan hearing dengan Komisi II DPRD Kota Bengkulu. Kita minta fasilitasi agar warga yang terkena dampak PLTU ini dapat ikut bekerja di sana,” kata Ujang, Rabu 6 November 2019.

Disampaikan juga olehnya, mereka bersama warga yang lain akan kembali melakukan aksi demonstrasi jika perusahaan tidak menjalankan kesepakatan yang telah disepakati.

“Harapan kita nanti dewan akan memanggil pihak-pihak terkait dan polemik ini segera berakhir. Kalau pada akhirnya tidak dipenuhi, maka kami warga Teluk Sepang akan kembali melakukan aksi di jalan tentunya dengan massa yang lebih banyak dari aksi sebelumnya,” ujarnya.

Komisi II Terima Aspirasi Warga Teluk Sepang

Berikut 5 tuntutan yang disampaikan warga ke Komisi II:

1. Menuntut PLTU Teluk Sepang untuk merekrut tenaga kerja lokal warga Teluk Sepang sesuai dengan UU Ketenagakerjaan
2. Memberikan CSR kepada warga Teluk Sepang (fisik maupun non fisik)
3. Selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat mulai dari RT, RW dan tokoh masyarakat
4. Pihak PLTU harus bertanggung jawab apabila terjadi dampak negatif terhadap masyarakat maupun lingkungan
5. Menuntut kepada pemerintah untuk memberikan jalan alternatif kepada warga Teluk Sepang kecuali jalan Pelindo.

Komisi II Terima Aspirasi Warga Teluk Sepang

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu Indra Sukma mengaku dalam waktu dekat akan meninjau langsung PLTU dan memanggil pihak-pihak terkait untuk mencari solusi terkait polemik ini.

“Kita akan tinjau dulu ke lokasi, kemudian kita juga akan lakukan pemanggilan beberapa pihak terkait seperti Dinas Tenaga Kerja untuk mencari solusi terbaik,” jelasnya.

Selain itu, Indra juga katakan akan mengkomunikasikan ini ke Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Kota Bengkulu. (KA/Adv)

Komisi II Terima Aspirasi Warga Teluk Sepang

Related Post

Leave a Reply