KPK Sebut Pulau di Bengkulu Dikuasai Oknum, Diduga Mantan Bupati

Rabu, 11 September 2019 | 10:30 am | 988 Views

BENGKULU SATU – Pernyataan Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang pada acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One, yang mengatakan ada pulau di Provinsi Bengkulu yang dikuasai oleh orang tertentu (oknum), cukup membuat masyarakat bengkulu terkejut. Adanya pernyataan tersebut muncul dugaan jika yang dumaksud tersebut adalah Pulau Dua yang terletak di Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara.

“Saya baru kembali dari Bengkulu, ada salah satu pulau yang dikuasai oleh orang tertentu, mau diapain pulau itu terserah dia, kita (negara, red) nggak dapat apa-apa dari situ,” kata Saut Pada pemaparannya terkait revisi UU KPK pada tanggal 10 September 2019 kemarin.

Menanggapi pernyataan itu aktifis Konsorsium LSM Bengkulu Syaiful Anwar angkat bicara dengan menduga pulau tersebut memang Pulau Dua yang tidak beberapa jauh dari Pelabuhan Khayapu Enggano.

“Ya sempat heboh masalah itu, katanya ada Pulau yang dikuasai oknum. Konsorsium sejak awal sudah mendapat informasi dan itu sebenarnya sudah santer ditengah masyarakat terutama yang sering ke Pulau Enggano” ungkapnya.

Lebih dalam Syaiful juga menerangkan menurut informasi penguasaan pulau tersebut memang dimiliki mantan pejabat yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Sebenarnya ini bukan informasi baru, hanya saja luput dari perhatian. Info yang kami terima itu punya mantan pejabat, mantan bupati” kata Koordinator Konsorsium Syaiful Anwar, Rabu, (11/09/2019).

Disampaikan Syaiful, aktifitas di Pulau tersebut untuk wisata dan perkebunan kelapa, dan ada juga tanaman pisang. 

“Pulau Dua di situ sering dikunjungi turis lokal dan asing juga,” demikian Syaiful.

Diketahui, di Provinsi Bengkulu ini ternyata tidak hanya punya dua pulau, melainkan 10 pulau (Sumber: www.nomor.net), yakni :

1. Pulau Tikus
2. Pulau Bangkei
3. Pulau Dua
4. Pulau Dua Kecil
5. Pulau Enggano
6. Pulau Merbau
7. Pulau Satu
8. Pulau Tapakarifin
9. Pulau Tapakbalai
10. Pulau Mega

Dari ke-10 pulau itu, cuma Pulau Tikus yang berada di wilayah Kota Bengkulu, sembilan lainnya masuk ke wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. [Traaf]

Berikut Video lengkap penjelasan Saut Situmorang soal revisi undang-undang akan melemahkan KPK:

 

Related Post

Leave a Reply