Pemprov Bengkulu Canangkan Pembangunan Stadion Taraf Internasional

Rabu, 13 November 2019 | 10:28 am | 132 Views

BENGKULU SATU – Demi meningkatkan serta memacu persepakbolaan di Provinsi Bengkulu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini tengah mencanangkan pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional. Infonya, stadio tersebut nantinya akan dibangun di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), mengingat daerah tersebut masih banyak memiliki lahan kosong dan letaknya tak pula jauh dari Ibu kota Provinsi, serta dana pembangunannya akan dianggarkan senilai Rp 400 miliar.

“Kita akan membangun stadion sepakbola bertaraf internasional di Bengkulu Tengah pada 2022 mendatang. Sekarang kita mulai mempersiapkan master plan dan desain stadion tersebut,” kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Senin (11/11/2019).

Terkait nominal anggaran yang bakal dikucurkan tersebut tidaklah sedikit, Rohidin mengaku hal tersebut bukanlah persoalan, karena anggaran tersebut tidaklah dikucurkan sekaligus namun secara bertahap.

“Soal dana tidak menjadi masalah, akan kita anggarkan dari APBD Provinsi Bengkulu. Pembangunan stadion sepakbola ini akan kita lakukan secara bertahap, sehingga pemprov tidak kesulitan menyiapkan dana pembangunan stadion sepakbola bertaraf internasional tersebut,” ujarnya.

Rohidin mengungkapkan Stadion Semarak Bengkulu sudah tidak representatif lagi, sehingga perlu dibangun stadion sepakbola yang baru di Provinsi Bengkulu.

Masih Rohidin, pembangunan stadion ini dilakukan Pemprov Bengkulu, guna membangkitkan kembali prestasi sepakbola di daerah ini, yang sempat berjaya di kancah nasional era tahun 1980-an.

“Pada tahum 1980-an, katanya, PS Bengkulu sangat dikenal di kancah persepakbolaan di Tanah Air. PS Bengkulu cukup lama bercokol di Divisi Utama Perserikatan. Kejayaan ini akan kita bangkitkan lagi dengan membangun stadion sepakbola berstandar internasional,” tuturnya.

Langkah yang masih dalam tahap perencanaan ini ternyata langsung mendapatkan respon positif dari Masyarakat Bengkulu. Agustam (35) salah satu Warga Kota Bengkulu mengatakan, dengan adanya stadion sepakbola tertaraf internasional di Bengkulu, maka setidaknya bisa digelar pertandingan Liga 1 di daerah ini, sehingga dapat memotivasi kebangkitan sepak bola di bumi Raflesia ke depan.

“Kami sangat mendukung rencana Gubernur Bengkulu, akan membangun stadion sepak bola bertaraf internasional tersebut. Kita berharap dengan adanya stadion baru ini prestasi olahraga sepak ola kita akan meningkat,” singkat Agustam. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply