Puasa Hari Pertama 1440 H Bengkulu Diguncang Gempa

Senin, 6 Mei 2019 | 12:00 pm | 739 Views

BENGKULU SATU – Senin (6/5/2019) yang bertepatan dengan puasa hari pertama bulan Ramadhan 1440 H, pulau terluar di Provinsi Begkulu, yakni Pulau enggano Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 5,3. gempa ini pun cukup dirasakan oleh masyarakat Kota Bengkulu dan Bengkulu Utara.

Dikutip dari keterangan akun twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, gempa terjadi pada pukul 15.20 WIB. Pusat gempa ini berada di laut 26 km barat daya Enggano dengan kedalaman 10 km.

Gempa ini dirasakan di Enggano dengan skala III-IV MMI, Bengkulu dengan skala III MMI dan Liwa dengan skala I-II MMI.

“#Gempa Mag:5.3, 06-Mei-19 15:20:18 WIB, Lok:5.40 LS, 102.04 BT (Pusat gempa berada di Laut 26 km BaratDaya Enggano), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) III-IV Enggano, III Bengkulu, I-II Liwa #BMKG,” tulis admin @infoBMKG.

Sementara itu, Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan gempa di Enggano tersebut disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah Pulau Sumatera.

“Di tinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi di Enggano ini merupakan gempa bumi kategori dangkal, dan tidak berpotensi tsunami,” kata Sabar.

Untuk itu, Sabar pun menghimbau kepada masyarakat Provinsi Bengkulu, khususnya masyarakat di Pulau Enggano, Bengkulu utara, Kota Bengkulu, serta masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera untuk tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada, sebab gempa tidak tahu kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa,” singkatnya. [Traaf]

Related Post

Leave a Reply