Rawat Budaya Lokal, Pemprov Bengkulu Kembali Gelar Festival Saraval Anam Tingkat Pelajar

Minggu, 17 November 2019 | 11:27 am | 128 Views

BENGKULU SATU – Untuk ke-2 kalinya Pemprov Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Sarafal Anam Antar Pelajar Se-Provinsi Bengkulu, dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Bengkulu Ke-51.

Festival kesenian khas Bumi Rafflesia bertajuk “Mencintai Budaya Itu Indah” ini dibuka resmi Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemprov Bengkulu, Jum’at (15/11/2019).

Pj Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, selain sebagai upaya melestarikan salah satu kesenian khas Provinsi Bengkulu, dilaksanakannya Festival Sarafal Anam tingkat Pelajar Se-Provinsi Bengkulu ini juga sebagai bentuk meningkatkan kecintaan pemuda terhadap kesenian daerah, sehingga tidak terkikis bahkan hilang ditelan kemajuan zaman.

“Tujuannya tidak lain untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai buudaya yang ada di Provinsi Bengkulu,” ungkap Hakma Sabri.

Lanjut Hamka, dengan diselenggarakannya Festival Sarafal Anam ini, diikuti 10 kabupaten/kota diharapkan Pemda Kabupaten/Kota bisa memberikan pembinaan lebih kepada pelajar yang mewakili daerahnya masing-masing. Direncanakan festival ini akan dijadikan event tahunan.

“Sehingga yang diutus ke tingkat provinsi ini yang betul-betul menjuarai di tingkat Kabupaten. Jadi dilombakan dulu di tingkat kabupaten, juara dikirim ke sini setiap dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu,” pungkasnya.

Salah seorang peserta dari Kabupaten Rejang Lebong Rinaldi Yusali yang merupakan pelajar SMA N 4 Rejang Lebong mengaku bangga menjadi pemuda Bumi Rafflesia yang diwariskan berbagai kesenian daerah yang menarik, salah satunya kesenian Sarafal Anam ini.

Menurutnya, dengan adanya festival yang diselenggarakan Pemprov Bengkulu dibawah kepemimpinan Gubernur Rohidin Mersyah ini, Bengkulu akan semakin maju dengan terjaganya tradisi dan kesenian khas daerah.

“Harapan kami kegiatan seperti ini ada setiap tahunnya, sehingga kelestrian budaya Sarafal Anam bisa terus terjaga,” katanya.

Sementara itu, diakhir pembukaan festival ini dilaksanakan Piala Bergilir Gubernur Bengkulu dari Juara 1 Festival Sarafal Anam dari Tim Kabupaten Mukomuko ke Pemprov Bengkulu dilanjutkan ke Panitia Pelaksana, yang kemudian akan kembali akan diperebutkan. [rls]

 

Related Post

Leave a Reply