Korupsi DD Tahun 2018, Kades Papahan Ditahan Jaksa

Selasa, 16 Juli 2019 | 12:40 pm | 270 Views

BENGKULU SATU – Diduga melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa (DD), Kepala Desa (Kades) Papahan Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur, Asisman ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kaur, Selasa (16/7/2019).

Saat dikonfirmasi Kajari Kaur Douglas P Nainggolan melalui Kasi Pidsus, Noveri, mengatakan ditahannya Kades Papahan tersebut terkait adanya dugaan korupsi pada Pembangunan Tower Bak penampungan air dan sumur bor yang diduga pembangunannya tidak sesuai. Atas perbuatan tersebut estimasi kerugian yang dialami negara kurang lebih sebesar 200 juta rupiah dengan total dana 400 juta rupiah yang berasal dari DD tahun 2018.

“Hasil pemriksaan bangunan juga tidak selesai. Saat ini Kades tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka dan akan kita tahan untuk diproses lebih lanjut,” kata Noveri, Selasa (16/7/2019).

Atas dugaan korupsi tersebut Kades Papahan Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur tersebut di jerat pasal 2, 3 dan 9 undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Setelah sempat menjalani berbagai pemeriksaan di Kantor Kejari Kabupaten Kaur. Tersangka diboyong ke Bengkulu untuk dilakukan penahanan di Rutan Malabero Kota Bengkulu.

“Saat ini kita dari tim Kejari Kaur menuju Kota Bengkulu yakni ke Rutan Malabero Kota Bengkulu untuk melakukan penahanan terhadap tersangka,” demikian Noveri.

Diketahui, sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 11 orang saksi yang berasal dari BPD dan Perangkat Desa. [Traaf]

Related Post

Leave a Reply