RSUD LEBONG

8.983 Keluarga Terdampak Covid-19, Bakal Terima Bantuan Rp 150 ribu Berupa Sembako

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi, SE
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi, SE

Bengkulusatu.co.id, Curup – Dalam rangka penanggulangan dampak sosial atas wabah Covid-19 ditengah-tengah masyarakat. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong mencanangkan pemberian bantuan sosial berbentuk sembako dengan nominal sebesar Rp.150 ribu, bagi 8983 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Berdasarkan instruksi bapak Bupati, mengenai penanggulangan sosial, terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Maka dari itu, kami mendata keluarga-keluarga yang masuk dalam kategori hampir miskin dan rentan miskin, contohnya seperti lansia, disabilitas, dan masyarakat yang terdampak covid. Jumlahnya ada 8983 KPM,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi, SE.

Bantuan yang akan disalurkan ini bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020. Sedangkan untuk masing-masing keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp.150 ribu berupa sembako seperti beras, telur, gula, minyak goreng, dll.

“Untuk mekanisme penyalurannya nanti, Bulog sebagai penyalur sampai ke titik-titik distribusi. Untuk bantuannya sendiri, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti beras, telur, gula, minyak goreng, dan bisa juga cabe,” papar Zulfan.

Penerima bantuan sosial ini nantinya akan menerima bantuan selama empat bulan kedepan. Terhitung mulai dari bulan April hingga Juli. Sedangkan, penerima bantuan ini bukan untuk kalangan penerima bantuan PKH ataupun BPNT.

“Untuk penerima bantuan ini, akan menerima bantuan sosial mulai di bulan April hingga Juli. Saat ini kami tengah mempersiapkan semuanya. Termasuk tim kita juga sedangan memverifikasi dan memvalidasi data penerima bantuan. Tentunya, penerima bantuan ini, bukan penerima bantuan PKH ataupun BPNT,” tegasnya.

Zulfan pula menghimbau kepada masyarakat, untuk ikut mengawasi terhadap penerima hingga ke tahap penyaluran bantuan sosial ini.

“Apabila ada penerima bantuan sosial ini, yang juga merupakan penerima PKH ataupun penerima BPNT, harap untuk segera melaporkannya kepada kami. Agar dapat dihapuskan dari daftar penerima bantuan sosial ini,” pungkasnya.

Karena, sejauh ini Kabupaten Rejang Lebong telah mengcover sebanyak 11.829 KPM melalui Program Keluarga Harapan (PKH), serta 17.205 KPM melalui Bantuan Pangan Non Tunai. Sehingga, sudah selayaknya masyarakat diluar penerima bantuan tersebut, yang ikut mengalami dampak Covid-19, menjadi sasaran penerima bantuan sosial kali ini. [BN1]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-05-22 at 09.56.07

Recent News