RSUD LEBONG

2019, Armada Trans Rafflesia Bengkulu Kemungkinan Bertambah

2019, Armada Trans Rafflesia Bengkulu Kemungkinan Bertambah

BENGKULU SATU – Diperkirakan pada tahun 2019 memdatang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI bakal menambahkan sebanyak 5 unit Bus Rapaid Transit (BRT) Trans Rafflesia Bengkulu dengan spesifikasi yang sama seperti yang baru saja dilaunchingkan hari ini, Minggu (7/10/2018).

Direkur Utama Damri, Setya N Milatia mengatakan kehadiran angkutan massal ini Bus Transit ini untuk meminimalisir kemacetan karena banyaknya penggunaan kendaraan pribadi, yang disebabkan sebelumnya mode transportasi massal semacam bus transit ini belum hadir selama ini.

Untuk itu, Damri pun bekerjasama dengan Kemehub dan Pemprov Bengkulu untuk menghadirkan Bus Trans Rafflesia ini sebagai angkutan massal di Provinsi Bengkulu. Dan pihak Damri pun menharapkan kehadiran BRT ini bisa terus berkelanjutan.

“Saya berharap Bus Trans Rafflesia ini kedepannya bisa menjangkau lebih banyak lagi tempat, lebih banyak lagi armada. Diharapkan juga kedepan makin banyak lagi penggunanya, sehingga pada skala ekonomi cukup baik hingga bisa berkelanjutan,” kata Setya, Minggu (7/10/ 2018).

Perlu diketahui, BRT ini sudah hadir di 60 cabang di Indonesia dan salah satunya cabang Provinsi Bengkulu. Dan saat ini baru 5 unit yang akan dioperasikan di tiga koridor utama. Namun, pada 2018 ini, hanya satu koridor yang diberlakukan yakni koridor 1 (Betungan-simpang kandis-simpang lapangan golf- Jl. Jenggalu- Jl. Pariwisata Pantai Panjang – kawasan Sport Center – pasar Bengkulu – Benteng Marlborough – sungai Hitam – Pasar Pedati), karena merupakan jalur wisata. Sedangkan, koridor lainnya akan dioperasikan pada Januari 2019 mendatang.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Bengkulu, Yuliswani saat mencoba BRT Trans Rafflesia mengungkapkan bus yang telah beroperasi terhitung sejak 1 Oktober 2018, mulai dari jam 06.00 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB ini sangat nyaman, terlebih lagi bus ini sudah memiliki fasilitas AC.

“Nanti kita akan hitung berapa layaknya untuk dibayar harga tiket. Bus seperti ini kan dia persyaratannya kan aman, nyaman, tepat waktu, nah pengelolanya ini sudah mengonsep itu agar nanti bisa berjalan seperti seharusnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dishub Provinsi Bengkulu, Ir. Bambang Budi Jatmiko menyampaikan bahwa Bus Trans Rafflesia Bengkulu ini ini digratiskan hingga bulan Desember 2018 mentang sebagai persembahan ulang tahun emas Provinsi Bengkulu ke-50. Dan pada tahun 2019 akan diberlakukan tarif normal yaitu dikenakan tarif flat Rp 3.000 per penumpang berlaku untuk semua kalangan. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News