RSUD LEBONG

Arogan, Ketua DPRD Kota Bengkulu Cederai Profesi Wartawan

Arogan, Ketua DPRD Kota Bengkulu Cederai Profesi Wartawan

BENGKULU SATU – Ketua DPRD Kota Bengkulu, Baidari Citra Dewi bereaksi keras atas pemberitaan di salah satu media online Provinsi GARUDADAILY.com dengan judul “Ketua DPRD Kirim Sinyal Setuju Pemkot Ngutang” lantaran keberatan dengan pemberitaan tersebut.

Direktur GARUDADAILY.com, Doni Supardi, mengatakan reaksi tersebut tercermin dari rekaman telepon Baidari dengan wartawan Garuda Daily sekira pukul 18.45 WIB Rabu (3/10/2018) sore kemarin, dengan nada mengancam, Baidari pun berulang kali mengatakan akan menuntut terkait pemberitaan tersebut. Dan Bahkan mengeluarkan statement “Baru kecil kamu tuh jadi wartawan”, yang tentunya telah mencederai profesi wartawan.

“Ketua DPRD Kota Bengkulu tersebut berulang kali menyatakan keberatan, karena si pembuat berita, yakni saya sendiri, tidak mewawancara langsung dirinya dan berkesimpulan bahwa berita tersebut mengada-ada,” kata Doni, Kamis (4/10/2018).

Doni pun mengklarifikasi terhadap berita yang jadi poin permasalahan tersebut, dirinya pun mengakui bahwa tidak mewawancara langsung ibu Ketua. Dan Doni pun menjelaskan bahwa sumber berita yang ditulis tersebut dikutip dari berita RMOLBengkulu.com dengan judul “Pemkot Akan Usulkan Pinjaman Rp 500 Miliar Ke PT SMI, Ini Kata Ketua DPRD”. Dan di dalam berita tersebut disebutkan sumbernya, dan juga sudah meminta izin pihak RMOL Bengkulu untuk mengutip pemberitaan itu.

“Saya menggunakan narasi “Ketua DPRD Kirim Sinyal Setuju Pemkot Ngutang” berdasarkan kutipan yang saya kutip, yakni “Insyaallah semua fraksi mendukung, mengingat ini merupakan program pemerintah dan kita sangat mendukung,”. Dan hal itu juga terekam dalam rekaman wawancara wartawan Garuda Daily langsung dengan Baidari,” jelas Doni.

Doni pun sangat menyayangkan akan reaksi dari Ketua DPRD yang baru dilantik menggantikan Erna Sari Dewi (ESD) tersebut. Karena seharusnya ibu Ketua Dewan tersebut menghubungi dirinya selaku penulis berita dan juga pimpinan media tersebut, bukan malah memarahi wartawan yang justru tidak mengetahui apa-apa.

“Atas insiden ini saya sangat menyayangkan karena yang bersangkutan tidak menghubungi saya secara pribadi. Padahal kami konsisten berpegang teguh kepada kode etik yang mengikat kami. Jika merasa keberatan dengan berita tersebut, kita siap mengakomodir setiap hak klarifikasi dan hak jawab, sesuai dengan Pasal 11 Kode Etik Jurnalistik yang menyatakan Wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara proporsional. Bukan justru menghubungi wartawan Garuda Daily yang tidak tahu menahu tentang berita tersebut, apalagi dengan sikap yang jauh dari kata elegan, dengan kapasitasnya sebagai Pimpinan DPRD Kota Bengkulu,” ungkapnya.

Untuk itu, selaku pimpinan media Garuda Daily, Doni pun telah berkoordinasi dengan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu Rahimandani via telepon dan Sekretaris SMSI Wibowo Susilo secara langsung. Dan Garuda Daily pun mendapat dukungan, kemungkinan pada hari ini Kamis (4/10/2018), SMSI akan menggelar konferensi pers guna menyatakan sikap terhadap arogansi seorang wakil rakyat tersebut.

“Pada prinsipnya saya atas nama Garuda Daily menyayangkan sikap arogansi Baidari Citra Dewi, ada cara-cara yang lebih merakyat, elegan, santun dan prosedural untuk menyampaikan keberatan terhadap berita Garuda Daily. Untuk tidak lanjut merespon sikap arogansi ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan kuasa hukum seperti apa langkah hukumnya, dan meminta dukungan banyak pihak untuk menentang arogansi Ketua DPRD Kota Bengkulu kepada pers,” tukas Doni. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News