RSUD LEBONG

Bengkulu Tuan Rumah Puncak Peringatan Bulan Bhakti Pancasila

Bengkulu Tuan Rumah Puncak Peringatan Bulan Bhakti Pancasila 1

BENGKULU SATU – Provinsi Bengkulu ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah penutupan peringatan kelahiran Pancasila bertajuk Hari Bhakti Pancasila. Dan puncak peringatan Bulan Bhakti Pancasila ini dilaksanakan di Rumah Pengasingan Bung Karno, Sabtu 30 Juni 2018.

Hadir dalam acara ini, perwakilan dari Kemendagri RI, yakni Sekjend Kemendagri Hadi Prabowo, Dirjend Pangsa Kemendagri beserta rombongan, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta istri, Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun, Bupati Benteng Ferry Ramli, unsur FKPD dan OPD Provinsi Bengkulu.

Peringatan Bulan Bhakti Pancasilan bertambah semarak dengan penampilan Drumband IPDN Kelas Khusus Sumatera Barat, jalan sehat, seni budaya Provinsi Bengkulu dan pembersihan situs rumah Bung Karno.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kemendagri dan siswa IPDN. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Bengkulu menjadi tuan rumah penutupan hari Bhakti Pancasila ini.

“Dalam kesempatan ini saya mewakili seluruh masyarakat Bengkulu mengucapkan selamat datang di Kota Bengkulu ini, kota yang penuh sejarah, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendagri yang telah mempercayakan kami sebagai tuan rumah dalam hari puncak kelahiran Pancasila, semoga ini momentum buat Provinsi Bengkulu lebih baik lagi,” sampai Rohidin.

Plt Gubernur pun menegaskan arti penting Pancasila bagi bangsa Indonesia, sebagaimana diketahui bahwa Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa, yang tidak dapat dipisahkan dari keutuhan berbangsa dan bernegara.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa yang dapat mempersatukan Indonesia, keberadaan Pancasila sebagai ideologi menjamin kedaulatan dan eksistensi negara Indonesia untuk selalu berdaulat dan berdaya saing tinggi serta mampu disegani oleh negara asing,” tegas Rohidin.

Lebih lanjut ia menjelaskan secara singkat perjalanan Presiden pertama Indonesia di Bengkulu dan kontribusi Bengkulu terhadap pembangunan Indonesia.

“Perlu saya sampaikan bahwa dalam kurun waktu 4 tahun pengasingannya di Bengkulu, Proklamator Kemerdekaan Indonesia telah banyak sekali menemukan pemikiran yang baik, hingga sampai dia menemukan Ibu Fatmawati sebagai seorang istri, yang merupakan penjahit bendera merah putih dan dibuktikan dengan peninggalan rumah kediaman beliau,” ungkapnya.

Di penghujung kata sambutannya, Rohidin mengajak masyarakat Bengkulu bersama menjadikan momentum ini untuk meningkatkan rasa peduli terhadap Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

Sementara itu, Sekjend Kemendagri yang mewakili Mendagri RI Tjahjo Kumolo menyampaikan apresiasinya terhadap Pemprov Bengkulu yang telah sukses menggelar acara ini.

“Mewakili Bapak Tjahjo Kumolo, saya mengucapkan mohon maaf karena ketidakhadiran beliau karena di tingkat nasional juga sedang melaksanakan kegiatan serupa, kemudian kami juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah melaksanakan kegiatan ini,” ujar Hadi.

Membacakan pidato Mendagri, dijelaskan bahwa peringatan kelahiran Pancasila sebagai pengingat untuk melestarikan kedaulatan rakyat. Kemudian menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa, yang akan terus berkembang dan bersaing dengan negara lain.

“Pancasila merupakan ideologi bangsa yang harus menjadi pemersatu masyarakat Indonesia, dan harus tetap dilestarikan oleh masyarakat Indonesia, sehingga akan terus menjadi aliran dalam denyut nadi masyarakat Indonesia, sesuai dengan cita-cita Bung Karno untuk negeri ini,” terangnya. [ULan/Adv]

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi membuka kegiatan jalan sehat, yang menjadi salah satu rangkaian acara Puncak Bulan Bhakti Pancasila
Mengabadikan momen bersama Sekjend Kemendagri RI Hadi Purnomo dalam sesi foto bersama
Pemukulan alat musik tradisional Bengkulu Dol secara bersama-sama menandai pembukaan Puncak Bulan Bhakti Pancasila

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News