RSUD LEBONG

Diresmikan Menkum HAM, Kini Bengkulu Miliki Lapas Khusus Perempuan

Diresmikan Menkum HAM, Kini Bengkulu Miliki Lapas Khusus Perempuan

BENGKULU SATU – Akhirnya kini, di Provinsi Bengkulu memiliki Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Perempuan. Lapas yang terletak di Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu ini, diresmikan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Republik Indonesia, Yasona H. Laoly secara simbolis dengan menandatangani batu prasasti, Senin (15/10/2018).

Usai penantanganan tersebut, Menkum HAM mengingatkan agar seluruh personil yang bertugas di Lapas untuk berkerja dengan sebaik mungkin, serta menjaga konsistensi dalam bekerja.

“Bekerjalah secara konsisten,” pesan Yasona.

Secara spesifikasi, Lapas yang diberi nama Lapas Khusus Perempuan kelas II b ini memiliki dua Blok, Blok A memiliki 8 kamar dan Blok B ada 7 kamar.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Khusus Perempuan Kelas II b, Sri Azria Nita menjelaskan bahwa Lapas ini berkapasitas 110 tahan khusus Perempuan, dan lapas akan langsung beroprasi setelah selesai pada akhir Oktober 2018 ini.

“Bangunan ini sekarang baru 94 persen, nanti ketika 100 persen akan langsung beroprasi dengan memindahkan tahanan dari lapas bentiring,” jelas Nita.

Nita juga mengatakan peraturan lapas tidak jauh berbeda dengan lapas umumnya laki-laki, hanya saja di lapas perempuan ini ditambah beberapa larangan.

“Seperti dilarang merokok, dilarang menggunakan pakaian sexy, dan taat dengan ibadah atas kepercayaan agama yang dianut,” ujarnya.

Diketahui, saat ini telah berisi 5 orang narapidana, dan akan bertambah menjadi 95 orang setelah lapas sia seratus persen. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News