RSUD LEBONG

Dishub Provinsi Bengkulu Ajak Nelayan Wujudkan Legalitas Kepemilikan Kapal

Dishub Provinsi Bengkulu Ajak Nelayan Wujudkan Legalitas Kepemilikan Kapal 8

BENGKULU SATU – Bertajuk “Dengan Pengukuran Kapal Nelayan, Kita Wujudkan Legalitas Kepemilikan Kapal Guna Menjamin Keselamatan Pelayaran”, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Pembinaan Keselamatan Pelayaran kepada para nelayan di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko, Selasa 15 Mei 2018.

Guna menyukseskan kegiatan sosialisasi ini, Dishub menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu dan Kantor Satuan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pulau Baai Provinsi Bengkulu. Sekaligus sebagai upaya memfasilitasi para pemilik kapal dan nelayan bertatap muka langsung dengan kedua lembaga ini.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Bambang Budi Djatmiko melalui Kepala Bidang Perhubungan Laut Sugeng Darojati.

“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang kita inginkan. DKP Provinsi Bengkulu kita bawa untuk menyelesaikan terutama masalah-masalah alat tangkap dan tadi telah dimanfaatkan bagus oleh Kadis DKP,” kata Sugeng.

“KSOP Pulau Baai dalam hal ini tujuan kita adalah nantinya untuk melakukan pengukuran kapal-kapal yang ada di Pasar Bantal ini,” sambungnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pembagian life jacket dan balon apung kepada nelayan, yang secara simbolis diberikan kepada Ketua Nelayan Pasar Bantal.

Terhadap kegiatan ini, Camat Teramang Jaya Jonaidi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dishub Provinsi Bengkulu. Lebih lanjut ia mengimbau agar nelayan dan para pemilik kapal untuk memahami dan mengikuti peraturan yang ada. Sebab ini juga menyangkut tentang keselamatan selama melaut.

Melalui kegiatan ini diketahui bahwa ada dua jenis keselamatan dalam pelayaran, yaitu keselamatan teknis dan keselamatan administrasi.

Keselamatan teknis berkaitan tentang kegiatan pelayaran secara langsung. Dimana kapal harus dilengkapi alat-alat keselamatan, seperti alat navigasi, alat komunikasi, life jacket dan P3K. Kemudian tanda selar yang menjadi tanda pengenal kapal.

Sedangkan keselamatan administrasi berbicara tentang perizinan kapal, hal ini berhubungan langsung dengan alat ukur dan alat tangkap kapal.

Kewenangan penerbitan izin perkapalan dipegang oleh KSOP. Dimana salah satu kelengkapan administrasi perkapalan adalah surat ukur. Surat ukur merupakan surat hasil pengukuran kapal berikut kapasitasnya. Surat ukur menjadi dasar pengurusan administrasi atau inti dari perizinan kapal.

Lebih lanjut, Dishub Provinsi Bengkulu mengajak para nelayan dan pemilik kapal untuk mentaati peraturan yang berlaku, demi keselamatan dan kesejahteraan para nelayan. Dengan segera memulai mewujudkan legalitas kepemilikan kapal. [YA/ADV]

Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Pembinaan Keselamatan Pelayaran kepada para nelayan di PPI Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Para Narasumber kegiatan Pembinaan Keselamatan Pelayaran
Para Narasumber kegiatan Pembinaan Keselamatan Pelayaran
Para Narasumber kegiatan Pembinaan Keselamatan Pelayaran
Para Narasumber kegiatan Pembinaan Keselamatan Pelayaran
Perwakilan nelayan menyampaikan sejumlah pertanyaan

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
MUNAS I JMSI
WhatsApp Image 2020-05-22 at 09.56.07
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News