RSUD LEBONG

Gelar Reses, DPRD Kota Bengkulu Serap dan Salurkan Aspirasi Masyarakat

Gelar Reses DPRD Kota Bengkulu Serap dan Salurkan Aspirasi Masyarakat 1

Reses Waka II Yudi Darmawansyah dan Anggota DPRD Kota Bengkulu Zulaidi, Reni Heryanti, Suimi Fales, Dedi Exwan dan Sudisman di Kantor Camat Ratu Agung

BENGKULU SATU – Dalam rangka menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat, DPRD Kota Bengkulu menggelar reses, dengan kembali ke daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Gelaran reses dilaksanakan selama empat hari, mulai dari tanggal 24 sampai 28 April 2018.

Reses bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat terkait pembangunan di berbagai bidang. Juga pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan. Reses dilakukan untuk mendukung optimalisasi kinerja DPRD.

Reses tentu saja disambut antusias masyarakat dari berbagai lapisan, yang kemudian dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Meski aspirasi yang disampaikan terkadang masih seputar persoalan yang sama, yang dulu juga pernah disampaikan.

Seperti yang banyak dikemukakan masyarakat saat menghadiri reses di Kantor Camat Ratu Agung, Jumat 27 April 2018. Dimana program jalan seribu mulus kembali dipertanyakan. Sebab jalan di lingkungan tempat tinggalnya belum juga tersentuh program unggulan Pemerintah Kota Bengkulu.

“Saat ini jalan yang ada di Pengantungan banyak yang rusak pak, sebab kenapa, Jalan Melur 2 dan Melur 3 katanya mau dibangun, pengukurannya sudah tidak terhitung lagi pak, saya saksikan sendiri pengukurannya itu pak, untung tidak saya buat videonyo saja itu pak, lebih dari 5 kali orang PU ngukur, tapi sampai detik ini, PU datang lagi tidak. Katanya 1000 jalan mulus pak, kalau (jalan) Pengantungan itu belum jadi, belum 1000 berarti masih 999, nah tolong pak aspirasi kami ini, dalam arti kata jalan yang di Pengantungan ini masih ada yang rusak,” ungkap warga Kelurahan Pengantungan Eka Agus Mukyadi.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kota Suimi Fales menenangkan warga dengan mengatakan bahwa kalau sudah diukur, berarti akan dibangun.

“Kalau sudah diukur tidak lama lagi akan dibangun, mungkin belum sampai ke sana, karena PU masih menyelesaikan pembangunan jalan di tempat lainnya. Menyelesaikan satu-satu dahulu dalam tahun anggaran yang sama, mudah-mudahan tidak ada pemindahan,” tutur Suimi.

Gelar Reses DPRD Kota Bengkulu Serap dan Salurkan Aspirasi Masyarakat 5
Reses Anggota DPRD Kota Bengkulu Mardensi di Kelurahan Pagar Dewa

Reses Partisipatif

Sedikit berbeda, Anggota DPRD Kota Bengkulu Mardensi menggelar reses yang cukup menarik di Kelurahan Pagar Dewa, Jumat 27 April 2018. Dimana ia menggandeng Yayasan Pupa untuk menggelar reses partisipatif.

Berdasarkan keterangan Cik Den, sapaan akrabnya, metode partisipatif ini diterapkan agar semua peserta reses dapat mengemukakan pendapatnya. Jika selama ini persoalan yang mencuat pada saat reses hanya seputar infrastruktur, maka dengan metode partisipatif diharapkan persoalan-persoalan lain dapat dikemukakan secara terbuka oleh masyarakat.

“Reses kali ini sengaja kita kerjasama dengan Yayasan Pupa, untuk menjaring aspirasi masyarakat dengan metode partisipatif. Harapannya, dengan metode ini semua warga yang hadir dapat menyuarakan aspirasinya, tanpa rasa takut dan malu lagi. Kita ingin semua warga berbicara, jadi tidak hanya persoalan infrasturuktur saja yang mengemuka, tapi juga persoalan yang lainnya,” terang Mardensi.

Dan hasilnya sangat berbeda dengan penyelenggaraan reses seperti biasanya. Dengan metode ini, hampir seluruh warga yang menghadiri reses menyampaikan aspirasinya. Mulai dari isu pendidikan, isu kesehatan, isu sampah, penataan PKL dan banyak isu-isu sosial lainnya bermunculan. Tak hanya bertumpu pada persoalan infrastruktur saja.

Reses untuk pertama kali pada tahun 2018 ini, banyak masukan dan usulan yang didapat DPRD Kota Bengkulu dari masyarakat. Ini kemudian menjadi catatan untuk dibawa, diperjuangkan serta ditindaklanjuti agar aspirasi masyarakat tersebut dapat dimasukkan ke dalam rencana kerja.

Dengan kembali ke dapil, para wakil rakyat ini dapat melihat kondisi daerah serta persoalan apa yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat secara langsung. Hasil ini kemudian segera disampaikan kepada pemerintah dan OPD terkait, untuk juga segera ditindaklanjuti. [ias/adv]

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
MUNAS I JMSI
WhatsApp Image 2020-05-22 at 09.56.07
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News