RSUD LEBONG

Ketua STAB: Petani Kopi di Hutan Lindung Tidaklah Ilegal

Ketua STAB: Petani Kopi di Hutan Lindung Tidaklah Ilegal

BENGKULU SATU – Ketua Dewan Pembina Serikat Tani Bengkulu (STAB), Muspani saat diwawancarai usai pembukaan rapat kerja bersama Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Bengkulu dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengatakan bahwa petani kopi yang berkebun di hutan lindung tidaklah illegal.

Dijelaskan Muspani, hal tersebut karena sebenarnya pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo ini dimungkinkan untuk petani diberi izin membuka lahan pertanian di dalam hutan lindung. Bahkan, peraturan tersebut sudah ada sejak tiga tahun lalu, hanya saja belum berjalan maksimal dikarenakan pemerintah terbatas untuk sosialisasi.

“Banyak sekali petani kopi di Bengkulu yang bertani di hutan lindung atau kawasan terlarang. Namun mereka tersebut tidaklah illegal karena di pemerintahan sekarang dimungkinkan untuk petani diberikan izin berusaha,” kata Muspani, Sabtu (6/10/2018).

Namun, setiap petani tersebut harus didata terlebih dahulu dan membentuk kelompok tani per desanya. Agar nantinya para petani tersebut masuk dan tercatat sebagai petani Indonesia yang legal.

Lanjut Muspani, para petani tersebut juga akan diberikan Kartu Perhutanan Sosial, yang akan berlaku hingga 35 tahun kedepan. Dan bahkan petani pun akan bisa menggunakan kartu tersebut untuk pinjaman uang ke Bank dengan cicilan rendah.

“Kartu tersebut nantinya bisa digunakan untuk melakukan pinjaman ke bank. Tujuannya betul-betul untuk meningkatkan status petani dan menopang perekonomiannya,” jelasnya.

Kemudian, dalam hal produk kopi para petani kopi nantinya akan dibina oleh pemerintah bersama STAB dan AEKI. Muspani juga mengharapkan petani di Provinsi Bengkulu bisa membuat asosiasi kedepannya. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News