RSUD LEBONG

Marjon: Kepala OPD adalah Nakhoda

Marjon Kepala OPD adalah Nakhoda 1

BENGKULU SATU – Kepala OPD adalah nakhoda. Hal ini ditegaskan Sekda Kota Bengkulu Marjon saat membuka Sosialisasi Majelis Pertimbangan (MP) Tuntutan Ganti Rugi (TGR) yang diselenggarakan Inspektorat Kota Bengkulu di Ruang Gunung Bungkuk, Kantor Walikota, Bentiring, Selasa 10 April 2018.

“Birokrasi itu ibarat berlayar, tidak baik jika tujuannya berbeda-beda. Seorang kepala OPD adalah nakhoda. Jangan sampai ada yang mau ke kiri dan yang mau ke kanan, sementara nakhoda mengajak lurus ke depan. Mereka yang tidak mendengar nakhoda, maka kapal yang berlayar bisa saja karam,” tegas Marjon dalam kata sambutannya.

Karenanya Marjon mengajak ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu untuk sejalan dan seirama dalam menjalankan roda birokrasi. Kesesuaian irama yang dimaksud adalah kerja keras tim yang solid pada masing-masing OPD.

“Jika dalam suatu OPD hanya beberapa saja yang solid, maka OPD tersebut tidak akan mendapat pengakuan dari masyarakat. Jika semua tim solid, maka mereka tidak akan sulit untuk menjalankan roda birokrasi, termasuk dalam mengelola anggaran,” tutur Marjon.

Adapun Sosialisasi MP-TGR ini, bentuk edukasi diri bagi ASN agar lebih berhati-hati dalam mengelola anggaran, agar tidak terjadi persoalan kerugian negara atau kesalahan administrasi secara internal maupun dengan mitra kerja.

“Fungsinya, untuk mencegah persoalan merambat ke luar. Ini juga sebagai deteksi dini jika ada kekeliruan dalam pengelolaan anggaran dan administrasi,” ucap Marjon.

Sementara itu, Inspektur Kota Bengkulu Sahudin mengungkapkan, bahwa salah satu tugas MP-TGR ini adalah melakukan sidang majelis terhadap ASN yang melakukan kerugian negara dan kesalahan administrasi.

“Sebelumnya, MP-TGR ini sudah diberlakukan di Gorontalo, Aceh Tamiang dan Banten. Ini merupakan inovasi untuk melakukan pembinaan agar ASN maupun mitra kerja yang melakukan kerugian negara dan kesalahan administrasi dapat disidang melalui MP-TGR,” tutup dia. [ias/adv]

Sosialisasi MP-TGR turut dihadiri Sekda Kota Bengkulu Marjon, tampak peserta sosialisasi serius mengikuti jalannya acara

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-05-22 at 09.56.07
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News