RSUD LEBONG

Pangdam II/Sriwijaya Ajak Pemprov dan Forkopimda Bengkulu Siap Siaga Bencana

Pangdam II Sriwijaya Ajak Pemprov dan Forkopimda Bengkulu Siap Siaga Bencana

BENGKULU SATU – Pemprov Bengkulu menggelar tatap muka dengan Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan S.IP M.Hum, Kamis (11/10/2018). Acara tersebut bertujuan untuk mempererat kordinasi antara Pemprov dengan Institusi TNI dan Juga Polri, yang mana selama ini telah terjalin dengan baik.

Dalam pertemuan itu, membahas tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana, persiapan penyelenggaraan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, serta berbagai isu ter-update di Bengkulu.

“Mengingat saat ini banyak bencana yang terjadi di Indonesia, kita mengajak Provinsi Bengkulu yang juga termasuk daerah rawan bencana untuk siap siaga dalam pengantisipasian bencana,” kata Pangdam, usai acara tatap muka di Ruang Pertemuan Lantai III, Kantor Gubernur Bengkulu tersebut.

Forkopimda Bengkulu foto bersama dengan Pangdam II/Sriwijaya

Pangdam pun juga mengingatkan agar kesiapan dalam hal bencana ini sebaiknya telah dilakukan dari saat ini baik di masyarakat maupun Forkompinda. Serta Ia pun menghimbau Pemprov untuk melaksanakan rapat bersama dengan OPD dan Instansi terkait lainnya dalam menciptakan kesiapsiagaan ini, mengingat Bengkulu juga merupakan daerah rawan bencana.

“Jadi kita minta Pak Gubernur, untuk bersama-sama dengan OPD seperti PU, Dinas Kesehatan, Sosial dan juga pihak lainnya mungkin seperti Bulog untuk bersama-sama duduk bersama untuk membahas terkait dengan kesiapsiagaan ini,” ujarnya.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah bersama Pangdam II/Sriwijaya

Termasuk juga kedepan ia meminta harus ada simulasi kepada masyarakat terkait dengan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapai bencana.

“kita juga minta ini segera disosialisasikan oleh masyarakat bagaimana yang harus dilakukan jika ada bencana, bagaimana jika ada tsunami, bagaimana jika ada gempa dan lainnya,” ujarnya.

“Perlu juga kita jelaskan bahwa selama ini koordinasi Pemprov dengan TNI dan Polri sudah baik, semoga ini kedepan dapat terus berjalan seperti ini,” ujar Mayjen Irwan.

Tak lupa pula, Mayjen Irwan pun meminta semua stakeholder atau Forkopimda untuk menjaga keamanan dan netralitasnya dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2019 mendatang.

“Menghadapi Pilpres, tentu saja stabilitas keamanan dan netralitas penyelenggara menjadi perhatian kita bersama. Agar penyelenggaraannya sukses,” harapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu, Dr drh Rohidin Mersyah MMA mengatakan bahwa kedepan provinsi Bengkulu akan membangun shelter tsunami di daerah yang memang rawan. Diantaranya di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kaur, Seluma, Bengkuku Utara dan termasuk Bengkulu Kota sendiri.

“Kedepan kita memang sudah rencanakan untuk membangun beberapa shelter tsunami di daerah yang memang berbatasan langsung dengan laut,” jelasnya.

Terkait dengan pembangunan ini sendiri sebelumnya direncanakan akan menggunakan dana CSR dari beberapa perusahaan besar yang ada di Provinsi Bengkulu. Namun untuk rencana ini masih dikaji oleh pihak Polda Provinsi Bengkulu.

“Yang sudah siap itu Pelindo 2, namun untuk pastinya kita masih tunggu kajian dari pihak Polda Bengkulu. Apabila memang tidak memungkinkan maka akan kita upayakan di APBD tahun 2019 mendatang,” pungkas Rohidin. [Traaf/ADV]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News