RSUD LEBONG

PKBI dan LPKA Bengkulu Bersinergi Dalam Pemenuhan Hak ABH

PKBI dan LPKA Bengkulu Bersinergi Dalam Pemenuhan Hak ABH

BENGKULU SATU – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bengkulu menyadari pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak Anak Berhadapan Hukum (ABH), untuk itu PKBI mengambil langkah memberikan pendampingan pada LPKA Kelas II Bengkulu dalam upaya terpenuhinya hak ABH tersebut.

Sebagai bentuk sinergitas, PKBI bersama LPKA Kelas II pun menggelar Pendidikan Terpadu Petugas baru LPKA bertempat di Raffles Hotel Bengkulu, Selasa (4/9/2018). Disampaikan, Ketua PKBI Bengkulu Abdul Salim bahwa kegiatan ini dilakukan guna memberikan pemahaman dalam hal pembinaan pada ABH, dimana hal tersebut tak sama dengan perlakuan narapidana (napi) dewasa.

“Kegiatan ini kita fokuskan kepada petugas LPKA guna mereka mempunyai pemahaman terhadap bagaimana pola-pola terhadap pembinaan Anak Berhadapan Hukum (ABH), karena kalau gak diberi pemahaman nanti mereka samakan ABH ini perlakukan seperti Napi Dewasa jadi ini bentuk penguatan,” jelas Abdul Salim.

Lanjut dia, kegiatan pendidikan terpadu ini merupakan kegiatan pertama kali di Indonesia ini bisa terlaksana berkat kerjasama dengan Prodi BK-UNIB, LPKA Kelas II Bengkulu serta PKBI Bengkulu.

“Disini PKBI terpanggil untuk berperan dalam memberikan pemahaman dalam perlindungan dan pemenuhan hak ABH ini, kegiatan ini sebelumnya merupakan pertama kalinya di Indonesia karena di fokuskan kepada petugas baru. Kenapa kita pilih petugas baru? karena mereka ini masih relatif muda dan sangat berperan dalam mengayomi untuk selanjutnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kordinator Pembinaan ABH PKBI Bengkulu Anthoni menjelaskan dalam kegiatan ini, para peserta akan diberikan pemaparan materi Edukasi tentang kewajiban dalam mewujudkan perlindungan dan hak ABH agar tetap mendapatkan hal yang sepatutnya sebagai warga negara.

Data terhimpun, kegiatan ini dihadiri jajaran LPKA Kelas II A, Perwakilan dari Prodi BK-UNIB, serta diikuti 54 peserta yang terbagi dalam dua gelombang yaitu gelombang 4-6 September serta gelombang kedua 7-9 September, karena acara ini bakal digelar hingga tanggal 9 September 2018 mendatang. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News