RSUD LEBONG

Plt Gubernur Buka Seminar Nasional Hari TBC Sedunia

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Salam TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) bersama Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu bersama Peserta seminar
Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Salam TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) bersama Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu bersama Peserta seminar

BENGKULU SATU – Memperingati Hari TBC Sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret setiap tahunnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Pimpinan Muhammadiyah ‘Aisyiyah Bengkulu dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bengkulu menggelar Seminar Nasional TBC Sedunia, bertempat di Aula Kampus IV UMB Bengkulu, menggelar Seminar Nasional Hari TBC Sedunia, Selasa 27 Maret 2018.

Seminar ini mengusung tema “Peduli TBC Menuju Bengkulu Sehat” dan dibuka langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Dalam acara seminar hadir Ketua IDI wilayah Bengkulu dr.Syafriyadi MM, Pakar penyakit menular TBC dr. Pandu Riono, MPH.PhD, Perwakilan Pimpinan Muhammadiyah ‘Aisyiyah Bengkulu, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu, serta diikuti Mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta yang ada di Bengkulu.

Dalam Pembukaan Seminar Nasional Peringatan TBC sedunia, Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa bagaimana bahayanya penyakit TBC, adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis.

“TBC merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi, oleh karena itu perlu dilakukan penanganan secara serius, serta pencegahan secara dini yang bisa dilakukan dengan melakukan pola hidup yang sehat”, jelas Rohidin Mersyah.

Ditambakan Rohidin, jika kegiatan seperti ini sangat menginspirasi, dan harus menjadi perhatian penuh dari kita semua, untuk lebih bisa menjaga kebersihan lingkungan. Serta mencegah penyebabnya, supaya kita bisa hidup sehat, tentram dan nyaman dengan tidak adanya wabah penyakit TBC. Untuk itu, Rohidin pun mengapresiasi kegiatan ini.

“Dengan adanya acara ini kita bisa menjadi lebih bisa mengutamakan kebersihan lingkungan, karena penyakit ini penyakit endemic Se-Indonesia, dan Penyakit nomor satu peyebab kematian. Agar wabah penyakit TBC ini tidak menyebar, kita bisa mencegahnya dari pola hidup sehat, makan teratur kalau ngantuk ya tidur, jangan dipaksa harus bergadang, wabah penyakit ini harus menjadi perhatian penuh dari kita semua,” ujarnya.

Hal senada, diungkapkan Kepala Dinkes provinsi Bengkulu Herwan Antoni dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan yang diadakan ini sebagai bentuk kepedulian dinas kesehatan kepada masyarakat Provinsi Bengkulu terhadap penyakit TBC.

Dikarenakan wabah penyakit TBC ini sudah 26 persen yang diketahui di Provinsi Bengkulu, dan Indonesia termasuk peringkat Nomor 2 dunia adanya penyakit TBC ini. Herwan menegaskan, bahwa penyakit ini, merupakan penyakit serius harus ada pendamping, atau pengawasan oleh orang terdekat terutama dalam hal minum obat, karena penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang.

“Untuk memberikan solusi atau edukasinya terhadap penyakit TBC ini, karena penyakit ini sangat serius, harus ada pengobatan serta pengawasan ketat dari keluarga, karena sekali tidak minum obat akibatnya fatal,” kata Herwan.

Kemudian, Secara Resmi Rohidin Mersyah membuka seminar dengan menabuhkan alat musik Dol bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, Ketua IDI wilayah Bengkulu dr.Syafriyadi MM, dan Pakar penyakit menular TBC dr. Pandu Riono, MPH.PhD. [Wilzen/Adv]

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membuka acara
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan kata sambutan
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam peringatan Hari TBC sedunia

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1

Recent News