RSUD LEBONG

Tabrakan Maut Anak Dewan, Pakar Hukum Sarankan Berlakukan Hukum Adat

Tabrakan Maut Anak Dewan, Pakar Hukum Sarankan Berlalukan Hukum Adat

BENGKULU SATU – Menyingkapi kasus tabrakan maut antara RV (27) anak Ketua DPRD Provinsi Bengkulu dengan Yulisni (41) seorang IRT warga Perum Jalan Gedang Permai RT 14 RW 4 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, yang mengakibatkan IRT tersebut meninggal dunia di lokasi kejadian, Salah seorang pakar hukum ternama di Kota Bengkulu, Prof. Herlambang saat dimintai tanggapannya menyarankan agar permasalahan tersebut dilaksanakan secara hukum adat terlebih dahulu.

Pakar hukum Universitas Bengkulu (UNIB) ini pun menjelaskan bahwa di Kota Bengkulu ini memiliki hukum adat dan bahkan Peraturan daerah (Perda) tentang pemberlakuan adat di Kota Bengkulu tersebut telah ada sejak tahun 2003 lalu, dirinya pun sangat mengharapkan Perda Adat tersebut dapat diberlakukan lebih dahulu sebelum menempuh jalur hukum yang lebih jauh.

“Sebaiknya lebih dulu dilakukan hukum adat, kecuali kesengajaan itu lain pidana, kalau ada bandingannya di dalam KUHP ada di hukum adat kita pakai dulu yang itu. Kebetulan di bengkulu ini ada namanya Perda Adat Kota Bengkulu tentang pemberlakuan hukum adat Kota Bengkulu, makanya itu kita gunakan dulu Perda adat itu yang menyelesaikan pelanggaran Dapek Salah istilahnya itu, di dalam hukum adat itu adalah mufakat raje penghulu,” jelas Prof. Herlamabang, Senin (27/8/2018).

Lanjut dia, di setiap Kelurahan di Kota Bengkulu ini memiliki unsur dari raje penghulu tersebut, sekali lagi dia pun menyarankan untuk memberlakukan Perda Adat tersebut lebih dulu.

“Disetiap kelurahan itu ada raje Penghulu di setiap unsur penghulu sanak, penghulu adat, cendikio, nah itulah dulu yang menyelesaikannya itu, nanti dari keputusan itu baru kita ambil keputusan mau kemana dibawanya ini, makanya belum bisa kasih komentar maka menurut saya jalankan dulu ini,” tukasnya. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News