Tegas, Perkara Uang Proyek Berendo Hidayah, Kusmito Gunawan : Usut Siapa Saja Yang Terlibat

ketua fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu

BENGKULU SATU – Dilansir dari garudadaily.com, Konsultan Pengawas, mantan Kadis dan PPK di Dinas PUPR Kota Bengkulu dilaporkan ke Jampidsus Kejagung RI oleh Kuasa Direktur PT Karya Duta Mandiri Sejahtera Amiruddin Murtuza. Dalam laporannya itu, ia merasa diperas dan dirugikan miliaran rupiah saat mengerjakan proyek pembangunan alun-alun (Berendo) Hidayah di areal Masjid At Taqwa Kota Bengkulu, tahun anggaran 2019.

“Saya merasa diperas dan dirugikan miliaran rupiah oleh oknum konsultan pengawas bernama Hendri, mantan Kadis PU Bina Marga dan PPK proyek alun-alun bernama Sabirin,” kata Amiruddin dalam surat tertanggal 12 Desember 2019 tersebut.

Di dalam surat dengan Perihal: Konsultan, Mantan Kadis PU Meminta Uang Terus Untuk Walikota Bengkulu, PPK Meminta Uang Dan Menghambat Pembayaran Termin, dia juga menjelaskan secara rinci kerugian miliaran rupiah yang dimaksud, sebagai berikut:
1. Hendri minta uang 500 juta, katanya untuk walikota, yang diketahui kadis PU
2. Hendri minta uang lagi 500 juta, katanya untuk walikota lagi, yang diketahui kadis PU
3. Hendri minta uang 100 juta sebanyak 4 kali, total 400 juta
4. Hendri minta uang lagi 50 juta
5. Sabirin dan kadis PU terima uang 100 juta, di ruangan kadis
6. Hendri minta uang 250 juta, katanya untuk walikota
7. Sabirin minta uang 100 juta di rumah makan sederhana
8. Sabirin 20 juta di rumah makan sederhana
9. Lain-lain 85 juta untuk Sabirin dan Sopian

Total keseluruhan Rp2.005.000.000,- (dua miliar lima juta rupiah)

“Yang jadi permasalahan saya sekarang ini, saya mengajukan termin 50 persen sejak 40 hari lalu sampai sekarang tidak dibuatkan berita acara dengan alasan Pak Hendri dan Pak Sabirin belum dapat uang dari saya, padahal mereka berdua sudah banyak meminta dan menerima uang dari saya. Untuk fisik di lapangan sejak 40 hari yang lalu sudah mencapai 55 persen sebelum dilakukan CCO dan sampai sekarang belum melaksanakan rapat CCO. Akibat tidak dibayarnya termin 50 persen tersebut, saya tidak ada lagi uang untuk melanjutkan pekerjaan itu. Apabila termin dibayar 40 hari yang lalu, saya yakin pekerjaan alun-alun akan selesai tepat waktu, karena semua konstruksi sudah selesai dikerjakan,” jelas Amiruddin.

Melalui surat tersebut ia berharap pihak Jampidsus Kejagung segera menurunkan tim ke lapangan. Dia juga menjamin bahwa surat yang dilayangkannya ini benar adanya, dia siap diproses sesuai hukum yang berlaku apabila surat ini tidak benar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PAN, Kusmito Gunawan memastikan Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu Helmi Hasan yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bengkulu tidak terlibat dalam kasus uang proyek pembangunan alun-alun (Berendo Hidayah).

“Kita percaya dan mendukung dia tidak pernah terlibat dengan proyek termasuk minta duit. Bahkan dia (Helmi Hasan) juga mendukung apa yang disampaikan Amiruddin untuk mengusut tuntas di kejaksaan,” kata Kusmito melalui sambungan telepon WhatsApp, Sabtu (14/12/2019), dikutip dari sentralnews.com.

Kusmito pun meminta agar kasus ini diusut tuntas oleh pihak berwajib. Sebab sudah menyangkut pencemaran nama baik Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Bahkan ia menegaskan, tidak ada toleransi untuk minta maaf, pihaknya akan mengusut orang-orang yang terlibat.

“Ini sudah masuk pidana karena ada produk elektronik (surat Amiruddin) masuk ke UU ITE, kedua pencemaran nama baik, dan ini masuk pidana (KUHP) oleh karena itu kita meminta ke kejaksaan dan kepolisian mengusut siapa saja yang terlibat. Gak ada maaf memaaf karena ini menyangkut nama baik,” ketus Kusmito.

Disampaikan Kusmito berdasarkan laporan Amiruddin, oknum-oknum yang meminta uang tersebut telah melakukan pertemuan di beberapa tempat, termasuk di Rumah Makan Sederhana Kota Bengkulu, Kantor PUPR, dan pantai. [red]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

Recent News