RSUD LEBONG

Wujudkan Intregated Port, Infrastruktur Strategis Terus di Geber

Wujudkan Intregated Port Infrastruktur Strategis Terus di Geber 3

BENGKULU SATU – Guna mewujudkan rencana besar Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai salah satu pelabuhan internasional, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maupun Intregated Port, pemprov saat ini terus menggeber kesiapan dari infrastruktur pendukungnya.

Salah satunya, infrastruktur strategis berupa pembangunan jalan tol, rel kereta api dan pengembangan bandar udara. Dimana saat ini proses menuju pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut terus berjalan.

Kadishub Provinsi Bengkulu Bambang Budi Djatmiko

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu Bambang Budi Djatmiko, pihaknya saat ini bersama dengan pihak terkait sudah menyiapkan infrastruktur pendukung seperti Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dan pembangunan Rel Kereta Api Kota Padang-Pulau Baai, maupun pengembangan Bandar Udara Fatmawati.

Dimana semua itu diharapkan dapat segera terwujud demi mendukung Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu menjadi gerbang perekonomian di kawasan Sumatera, serta menjadikan pelabuhan Intregated Port atau pelabuhan yang terintregasi dalam semua aspek penunjang perekonomian Provinsi Bengkulu.

“Infrastruktur sudah kita siapkan dalam mendukung Pelabuhan Pulau Baai menjadi Intregrated Port, dari sisi aksebilitas dan konektivitas sudah kita siapkan, kita harapkan ini dapat terwujud bersama-sama, itu yang penting,” tutur Bambang Budi Djatmiko, Selasa 13 Maret 2018.

Masih menurut Budi, sapaan akrabnya, proses pembangunan infrastruktur tersebut hingga saat ini tidak ada kendala dan masih dalam proses studi kelayakan. Pada intinya pelabuhan Pulau Baai nanti akan dijadikan Integrated Port.

“Hingga saat ini prosesnya terus jalan. Dengan begitu, kita harapkan nantinya arus logistik di Sumatera bagian Tengah itu, dapat kita tarik di koneksi Bengkulu, karena pelabuhan kita jaraknya lebih dekat,” kata Budi lagi.

Pihak PT Pelindo II Bengkulu sendiri telah menyiapkan langkah dengan berkoordinasi dengan Pelindo pusat guna mendorong terwujudnya rencana tersebut.

Dijelaskan oleh General Manager Pelindo II Hambar Wiyadi, dimana pihaknya saat ini telah menyusun administrasi guna mendapatkan konsultan untuk pembangunan kawasan Pelabuhan Pulau Baai menjadi KEK.

Kadishub bersama Asisten I Setdaprov Bengkulu dan GM Pelindo

“Sudah ada tim dari pusat yang akan turun ke Bengkulu guna melihat langsung kondisi pelabuhan Pulau Baai. Saat ini kami hanya menunggu konsultan yang ditunjuk untuk membangun kawasan KEK tersebut,” kata Hambar Wiyadi yang baru menjabat GM Pelindo II Bengkulu ini.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Bengkulu dalam hal ini Dishub Provinsi Bengkulu yang telah ikut membantu melancarkan upaya dalam hal persiapan pembangunan KEK dengan dukungan administrasi konektivitas infrakstruktur strategis tersebut.

Disisi lainnya, Dirut Utama PT Pelindo II Pusat Elvyn G Masassya meminta agar semua dokumen terkait dengan perencananan pengembangan pelabuhan Pulau Baai beserta infrastruktur pendukungnya dapat segera dituntaskan, sehingga pihaknya nanti dapat langsung menemui Presiden RI Joko Widodo guna memaparkan kondisi terkini.

“Kita harus siapkan progresnya termasuk dokumen-dokumennya dan nanti laporkan ke gubernur dan ke saya. Tentang jalan tol, saya minta Pelindo II Bengkulu untuk koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Provinsi. Dengan begitu saya dapatkan dokumen-dokumen sebagai pegangan untuk bertemu dengan presiden nantinya,” kata Elvyn.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta agar OPD terkait dapat segera menyiapkan dokumen-dokumen pendukung guna diajukan ke presiden nantinya. Disamping itu juga ia meminta seluruh OPD terkait dapat terus bergerak dan berkoordinasi dengan pihak Pelindo II guna mempercepat rencana yang telah disiapkan oleh Pemprov Bengkulu. [Alam/Adv]

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
MUNAS I JMSI
WhatsApp Image 2020-05-22 at 09.56.07
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News