RSUD LEBONG

Bulog Jamin Stok Gula Tersedia Hingga Usai Lebaran

 Kepala Sub Divre Rejang Lebong, M. Ade Saputra
Kepala Sub Divre Rejang Lebong, M. Ade Saputra

Bengkulusatu.co.id, Curup – Meski saat ini ketersediaan gula pasir tengah mengalami kelangkaan dipasaran. Akibat pandemi virus Covid-19. Namun, Pemerintah pusat terus berupaya untuk mensikapi kelangkaan gula pasir.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir nasional hingga Rabu (8/4) ini sudah mencapai Rp.18.550/kg. Harga tersebut lebih tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) gula yakni Rp.12.500/kg.

Penanggulangan ini juga dilakukan oleh stakeholder terkait, salah satunya Bulog Sub Divre Rejang Lebong yang akan menjamin ketersediaan gula pasir konsumsi dengan harga sesuai HET.

“Bulan lalu, kami (Bulog) melakukan pembelian ke distributor diatas HET dengan harga Rp.15-16 ribu/kg, dan melakukan diskresi sendiri ke harga HET Rp.12.500/kg. Saat ini stok gula pasir sudah tiba di Bengkulu sebanyak 300 ton. Insyaallah dalam pekan ini sebanyak 10 ton stok gula pasir akan tiba di Rejang Lebong, tinggal menunggu proses distribusi,” terang M. Ade Saputra selaku Kepala Sub Divre Rejang Lebong, Kamis (09/04/2020).

Meskipun, stok gula pasir yang akan tersedia jumlahnya hanya 10 ton saja, untuk mengcover Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Kepahiang. Namun, pihak Bulog Sub Divre Rejang Lebong tetap menjamin, stok gula pasir akan tersedia hingga usai lebaran.

“Stok gula sebanyak 10 ton itu khusus untuk tiga kabupaten. Sebelum stok ini habis, sesegera mungkin kita akan melakukan pemesanan lagi, sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak terjadi lagi kekosongan ataupun kelangkaan gula pasir,” ujarnya.

Penjualan gula pasir sesuai dengan harga HET, tentunya dapat menstabilkan harga gula pasir yang tinggi di pasaran. “Bisa jadi penjualan dengan sistem operasi pasar, untuk segera menanggulangi tingginya harga gula pasir di pasaran. Tapi, ditengah pandemi covid, tidak memungkinkan untuk menimbulkan keramaian dampak dari operasi pasar. Namun, kita akan tetap menjual ke masyarakat dengan batasan pembelian gula pasir maksimal 2 kg saja,” pungkasnya. [BN1]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-05-22 at 09.56.07

Recent News