Bupati Rosjonsyah Gratiskan Internet di 5 Kecamatan

Bupati Lebong, H. Rosjonsyah
Bupati Lebong, H. Rosjonsyah

BENGKULUSATU.co.id, Lebong – Internet menjadi teknologi yang sudah umum dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Sayangnya, tidak semua daerah di satu Kabupaten sudah bisa menikmati teknologi tersebut.

Dampaknya, akan banyak sekali masalah yang bisa timbul ketika koneksi internet bermasalah, baik dari segi ekonomi, komunikasi, dan sebagainya. Bahkan di instansi pemerintah sekalipun dapat terganggu, dimana saat ini pemerintah tengah gencar mengkampanyekan sistem pemerintahan berbasis elektronik, seperti E-goverment, E-budgeting, maupun system online lainnya.

Hal tersebut ternyata disadari oleh Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, SIP. M. Si. Itu mengingat masih adanya beberapa wilayah di Kabupaten Lebong yang masih belum terjangkau oleh Fiber Optic (FO). Seperti di Kecamatan Pinang Belapis, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Topos, dan Kecamatan Rimbo Pengadang.

Lebong Comand Centre (LCC) cara Bupati Lebong menerapkan e goverment dan menuju Lebong Smart City

 

Untuk itu, pada tahun 2020 ini, Bupati melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo-SP) Kabupaten Lebong pun akan memasang internet gratis di lima kantor camat tersebut.

“Tahun 2020 ini, Kominfo-SP Lebong adakan Internet gratis kepada 5 kecamatan. Ini khusus untuk daerah yang belum terkoneksi dengan kabel FO. Internet gratis akan di pasang di kantor Camat Pinang Belapis, Uram Jaya, Bingin Kuning, Topos dan Rimbo Pengadang,” ungkap Kadis Kominfo-SP, Doni Swabuana, ST, Senin (20/1/2020).

“Hal ini sebagai upaya menunjang program E-government. Dan sesuai dengan intruksi Bupati yang tak ingin lagi ada kendala dalam hal jaringan internet ini. Hal ini juga sejalan dengan upaya menuju Lebong Smart City,” tambanhya.

Dijelaskan Doni, pemasangan internet ini nantinya dengan VSAT (Very Small Aperture Terminal), dengan alat komunikasi satelit dengan antena. Dan sumber dana pemasangan internet tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong tahin 2020 ini.

“Dengan VSAT menggunakan antena untuk menangkap jaringan dari satelit. Dananya dari APBD. Insya Allah teralisasi Februari (2020, red) mendatang. Saat ini tengah dalam persiapan pengadaan barang/jasa,” demikian Doni. [Traaf]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1

Recent News

Gubernur Yang Dinanti