RSUD LEBONG

HUT RI ke-73, Merah Putih Berkibar di Fort Marlborough

HUT RI ke-73, Merah Putih Berkibar di Fort Marlborough

BENGKULU SATU – Sebagai wujud kecintaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia (RI) dalam memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia ini yakni hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Pemprov Bengkulu pun memilih tempat yang bersejarah pula.

Dimana, momentum peringatan hari kemerdekaan RI di Provinsi Bengkulu kali ini digelar di Halaman Benteng (Fort) Marlborough Bengkulu, yang merupakan benteng peninggalan Inggris terbesar kedua setelah Madras, India.

Sebelum memulai upacara diawali dengan kirab duplikat sang saka Merah Putih berukuran 8 x 16 meter dari Rumah Fatmawati hingga Lapangan Merdeka Balai Raya Semarak. Kirab ini juga diiringi 10073 bendera yang dibawakan oleh siswa-siswi perwakilan sekolah yang ada di Kota Bengkulu, diikuti oleh Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Bengkulu.

Kemudian, upacara bendera pun berlangsung khidmat dengan Rohidin Mersyah bertindak sebagai inspektur upacara. Pengibaran bendera pun berlangsung dengan lancar oleh Pasukan Paskibraka, dan pembacaan proklamasi kemerdekaan pun dibacakan dengan lantang dan penuh semangat oleh Rohidin Mersyah.

Saat dikonfirmasi usai acara tersebut, Rohidin mengatakan bahwa momen peringatan HUT RI kali merupakan momen special bagi Provinsi Bengkulu yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-50 tahun (ulang tahun emas). Dan diadakannya pengibaran bendera di Benteng Marlborough ini untuk mengenang perjuangan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Di pusatkannya detik-detik proklamasi ini di Benteng Marlborough adalah untuk menanamkan rasa juang dan semangat pertahanan, jadi secara simbolis benteng ini harus dikuasai masyarakat Bengkulu sehingga kita yang berdaulat, kita yang mengekplor kekayaan alam di daerah kita ini, kita yang menata daerah ini dengan simbol menguasai Benteng Marlborough ini,” kata Rohidin, Jum’at (17/8/2018). [Traaf/ADV]

Kirab duplikat Sang Saka Merah Putih dari Rumah Fatmawati hingga ke Lapangan Merdeka Balai Raya Semarak Bengkulu 
Foto bersama usai pengibaran bendera merah putih 
Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat bersama Forkopimda

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News