RSUD LEBONG

Bukan Saja IMB, Pembangunan PTM Muara Aman Juga Tanpa UKL-UPL

Wow!, Ternyata Pasar PTM Muara Aman 'Ngotot' Dibangun Tanpa IMB

BENGKULU SATU – Bangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman senilai Rp 30 miliar yang dibangun oleh Dinas PUPR-Hub melalui bidang Cipta Karya hingga saat ini memasuki tahap ke II belum juga mengantongi IMB, lantaran belum mendapatkan rekomendasi dari Dinas Perkim.

Tidak dikeluarkannya rekomendasi oleh pihak Perkim bukan tanpa alasan, ternyata bangunan tersebut juga belum memiliki rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), terkait Kajian Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup, atau yang sering disebut dengan UKL-UPL, seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI No. 27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan, dan Undang-Undang No.32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).

Selaras dengan aturan tersebut, dapat dipastikan IMB bisa diterbitkan setelah adanya surat keterangan kelayakan lingkungan dari DLH. Sementara, sejauh ini pihak Dinas PUPR-Hub belum pernah meminta rekomendasi tersebut dari Dinas terkait. Dengan demikian, terang saja pihak Dinas Perkim tidak berani mengeluarkan rekomendasi untuk mengeluarkan IMB nya.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala DLH, Zamhari Bahrun, melalui Kepala Bidang Perencanaan dan Penataan Lingkungan Hidup (PPLH), Rozi, ST. Ketika dibincangi Senin siang (15/7) di ruang kerjanya.

Kata Rozi, setiap bangunan besar wajib memiliki uji kajian lingkungan sebagai syarat untuk dikeluarkan rekomendasi IMB nya. Beliaupun membenarkan sejauh ini pihaknya belum pernah mengeluarkan kajian lingkungan untuk bangunan pasar senilai Rp30miliar itu.

“Belum ada, mereka belum pernah datang untuk meminta rekomendasi Kajian lingkungan dari kami, ya terang saja Dinas Perkim tidak berani mengeluarkan rekomendasi IMB nya,”jelas Rozi.

Terpisah, Kepala Dinas Perkim Lebong, Yulizar, melalui Kepala Bidang Pembiayaan dan Perumahan, Pujiwarno, S.Pd membenarkan untuk mengeluarkan rekomendasi IMB terlebih dahulu harus ada rekomendasi Uji Kajian Lingkugan dalam hal ini dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“Ya, secara aturan begitu, untuk mengeluarkan rekomendasi IMB terlebih dahulu harus ada rekomendasi dari DLH terkait Uji Kajian Lingkungan,”terangnya.

Sementara seperti kita ketahui, dalam Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009 disebutkan setiap akan membangun, merobohkan, menambah / mengurangi luas, ataupun merenovasi suatu bangunan wajib memilki IMB (Izin Mendirikan Bangunan), yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah setempat. Hal itu dimaksud guna menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan. Tidak hanya bangunan yang dimiliki oleh masryarakat, termasuk di dalamnya bangunan yang dimiliki oleh pemerintah pun harus memiliki IMB. [red]

Artikel ini sebelumnya telah diterbitkan di media online GoBengkulu.com dengan judul “Lingkungan, IMB Pasar Muara Aman Ngadat”.

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News