RSUD LEBONG

Deklarasi Pilkades Damai Kabupaten Lebong Sukses, Berikut Hasil Pengundian Nomor Urut CaKades 13 Desa

Deklarasi Pilkades Damai Kabupaten Lebong Sukses, Berikut Hasil Pengundian Nomor Urut CaKades 13 Desa

BENGKULU SATU – Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati pada rapat koordinasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada hari Sabtu tanggal 24 November 2018 kemarin, maka hari ini Senin (26/11/2018), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong melaksanakan pengundian nomor urut Pilkades gelombang II, bertempat di Aula Pemda Lebong.

Dalam proses pengundian ini, nomor urut para calon Kades ditentukan berdasarkan gambar buah, yakni nomor urut 1 gambar pisang, nomor urut 2 gambar kelapa, nomor urut 3 gambar kopi, nomor urut 4 gambar padi, dan nomor urut 5 gambar Pinang.

Dalam tahapan ini, Kepala Dinas PMDSos, Reko Haryanto, S.Sos. M.Si mengingatkan kepada para calon kades agar tidak melakukan politik uang maupun tindak kecurangan lainnya. Serta berpesan, untuk tetap menjaga suasana kekeluargaan dan siap menerima hasil Pilkades nantinya, serta jangan membuat gesekan yang berujung konflik. 

Hal senada juga disampaikan Bupati Lebong H.Rosjonsyah. Dirinya berharap para calon Kades mempunyai tujuan yang jelas dalam mencalonkan diri, dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Bupati pun berpesan para calon Kades harus bijak dalam berkompetisi, siap menang siap kalah.

“Majulah untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan politik. Ketika kita diberi jabatan berarti kita diberi amanah yang harus dijaga. Pemerintah telah menitipkan uang yang cukup besar kepada kepala desa dengan tujuan memakmurkan masyarakat dan menekan angka kemiskinan.  Jadi tolong siapa saja nanti yang terpilih harus bisa berbuat dan berbakti kepada masyarakat dan jangan disalahgunakan amanah,” kata Bupati, Senin (26/11/2018).

Kemudian, Bupati pun meminta kepada para calon Kades untuk memaparkan tujuan menjadi Kades secara tertulis dengan tulisan tangan dan dikumpulkan pada panitia Pilkades, dan selanjutnya diserahkan kepadanya, dan Bupati pun mengancam bakal mencoret jika ada calon Kades yang tidak jelas tujuannya untuk menjadi Kades. Karena menurutnya, para calon Kades harus punya tujuan yang jelas dan terarah, jangan sampai mencalonkan diri hanya untuk mementingkan kepentingan pribadi atau memperkaya diri sendiri.

“Kepada seluruh calon kepala desa tolong paparkan tujuan dan target menjadi kepala desa, tolong buat secara tertulis dengan tulisan tangan sendiri kemudian kumpulkan dengan panitia Kabupaten untuk disampaikan kepada saya, kalau ada yang tidak bisa memaparkan tujuannya maka nanti akan saya coret dari daftar peserta calon kepala desa,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP.Andree Ghama Putra, SH, S.Ik juga mengingatkan kepada para calon Kades untuk siap menang siap kalah, dalam lebih mengutamakan kepentingan masyarakat. Serta meminta semua pihak turut menjaga proses pilkades yang bakal digelar pada 17 Desember 2018 nantinya, agar berjalan lancar dan damai tidak ada kata keributan  semua harus berjalan dengan tertib.

“Menang atau kalah itu biasa yang pasti siapapun yang mendapat amanah harus benar-benar bertanggung jawab dan harus siap mengabdi untuk masyarakat,” ujar Kapolres.

Kapolres menjelaskan bahwa dalam hal pilkades ini Kepolisian punya dua fungsi, satu sisi sebagai bagian dari panitia pilkades yang akan membantu proses dan tahapan pilkades agar dapat berjalan lancar sesuai dengan tupoksi kami sebagai panitia. Dan di sisi lain sebagai penegak hukum yang akan bertindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan akan menindak tegas bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran hukum.

“Kita telah menjalani beberapa tahapan, mulai dari pemberkasan, penyeleksian berkas, penetapan calon hingga sampai pada hari ini pengundian nomor urut, semua kita lakukan sesuai dengan peraturan dan undang-undang terkait pilkades dan sudah dilakukan secara bersama-sama dan terbuka, jadi saya harap tolong hargai keputusan bersama dan jangan biarkan kami menggunakan fungsi kami yang kedua yaitu sebagai penegak hukum yang akan menindak segala bentuk pelanggaran hukum,” demikian Kapolres.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan deklarasi damai oleh para calon Kades yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Pemrintahan Pemkab Lebong, Jafri, S.Sos, dan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai.

Terpantau, proses pengundian dan deklarasi damai ini berlangsung secara tertib dan lancar. Dan turut dihadiri Penjabat Sekda Lebong, H.Dalumji Suranto, Kepala Bidang PMD, Eko Budi Santoso, SP, M.Eng, Kabag Ops.AKP.Yusril R, Sejumlah Kapolsek, Perwira Penghubung 0409 Kapt.Inf.Yos Arison, seluruh peserta calon kepala desa, dan seluruh panitia pilkades mulai dari tingkat desa hingga Kabupaten.

Berikut nama dan nomor urut calon Kades di 13 Desa di Kabupaten Lebong:

Desa Lokasari, Kecamatan Lebong Utara
1. Sumarjo
2. Yudi Robinson
3. Budi Yunus

Desa Lemeu, Kecamatan Uram Jaya
1. Anhar
2. Rapani
3. Syafril Herwanto
4. Ersan Gustian
5. Abdul Sumardi

Desa Kota Baru, Kecamatan Uram Jaya
1. Eryantoni
2. Sahwir
3. Abdullah
4. Safril
5. Rio Gandar

Desa Bioa Putiak, Kecamatan Pinang Belapis
1. Basir
2. Zulkaidi
3. Toton Sahri
4. Sainuri

Desa Talang Bunut, Kecamatan Amen
1. Meron Yulendra
2. Sukran Azis
3. Adi

Desa Pagar Agung, Kecamatan Lebong Tengah
1. Sopan Kanedi
2. Ahmad Jamhuri AM
3. Apriyudi

Desa Sukabumi, Kecamatan Lebong Sakti
1. Dedi Mulyadi
2. Anjas Wahyudiono
3. Suhadi
4. Supriyono
5. Faizal Gusta

Desa Manai Blau, Kecamatan Lebong Selatan
1. Armen Machfudy
2. Hendri Gunawan

Desa Tik Jeniak, Kecamatan Lebong Selatan
1. Januardi
2. Munawara
3. Hamidi Gustomi
4. Sugino
5. Salikin

Desa Gunung Alam, Kecamatan Pelabai
1. Budi Irawan
2. Hendri Dramiko

Desa Tik Tebing, Kecamatan Lebong Atas
1. Kulman Jaya
2. Rozi Aman Jaya

Desa Tabeak Blau, Kecamatan Lebong Atas
1. Sidra
2. Damiri
3. Maulana

Desa Bioa Sengok, Kecamatan Rimbo Pengadang
1. Hendraten
2. Tamrin
3. Sarban Efendi
4.Kamarudin

[Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News