RSUD LEBONG

Diberitakan Pungli, Oknum Guru SMPN 5 Lebong Malah Bully Siswinya

Diberitakan Pungli, Oknum Guru SMPN 5 Lebong Malah Bully Siswinya2

BENGKULU SATU – Ada slogan mengatakan guru itu diguguh (dipercaya) dan ditiru, namun masih berlakukah slogan tersebut bagi YM salah seorang oknum guru olahraga di SMPN 5 Lebong, yang diduga telah mem-bully  salah seorang muridnya berinisial IC, siswi kelas 9 di sekolah tersebut. Perbuatan tersebut dilakukan, karena YM menuding IC membocorkan dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan pihak sekolah kepada para wali murid ke awak media.

Yang mana kebetulan, orang tua IC berinisial Y bekerja di salah satu perusahaan media, dan ikut memberitakan terkait pungli tersebut. Atas pemberitaan tersebut, tampaknya pihak sekolah pun risih lantaran sejak mencuatnya hal itu, SMPN 5 Lebong telah disambangi tim saber pungli.

Kemudian disidak oleh Komisi I DPRD, meski demikian pihak sekolah tetap saja bertahan dan menganggap apa yang dilakukannya itu bukan pungli dengan dalih sudah kesepakatan komite .

Dari peristiwa tersebut pihak sekolah sepertinya tidak terima dan mencari upaya pembenaran dengan mengundang wali murid yang diduga kwitansi pembayaran untuk anaknya bocor ke awak media. Pihak sekolahpun meminta agar dirinya membuat surat pernyataan bahwa bukan dia yang melapor dan pernyataan bahwa dirinya merasa tidak keberatan dengan pungutan yang diadakan di sekolah tersebut.

Bully yang dilakukan YM, pertama menuduh IC yang membocorkan dugaan pungli tersebut kepada awak media, kemudian melontarkan kata-kata yang kurang mengenakkan kepada IC di depan teman-temannya, dan menitipkan pesan kepada IC agar menyampaikan kepada orang tuanya untuk berhenti memberitakan dugaan pungli tersebut.

Dari kejadian tersebut IC merasa malu dan sangat terpukul, akhirnya dia menceritakan kepada orang tuanya dan meminta agar orang tuanya untuk berhenti memberitakan terkait dugaan pungli tersebut lantaran selalu dipermalukan oleh gurunya.

“Kau kan yang ngoran-ngoran itu,bapak kau tu kalau ibaratnyo nak nendang tu idak keno, dak usahlah kau ngikut-ngikut masalah iko, kelak kau jadi sasarannyo, bapak yakin pasti banyak guru-guru yang nak ketemu kek kau,” cerita IC menirukan kalimat yang disampaikan YM padanya.

Tidak hanya sekali itu saja, di saat jam praktek di luar kelaspun YM kembali mempermalukan IC dengan kata-kata yang kurang mengenakkan.

“Untuk IC iko pelajaran untuk kau, jangan diulang lagi, kalu kau idak sekolah di siko boleh ajo bapak kau cak itu, kau kan sekolah disiko, nak burukan sekolah berarti bapak kau tu, omong kek bapak kau tu sudahlah dakkan bisanyo ngerubah iko, maso orang 100 lebih kalah kek orang duo,” sumbar YM yang diceritakan oleh IC sembari menangis di depan orang tuanya.

Sementara itu, Y selaku orang tua dari IC ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, beliaupun mengaku anaknya menceritakan kepadanya sembari menangis dan meminta dirinya untuk berhenti memberitakan terkait kasus dugaan pungli tersebut.

“Saya heran kok gurunya mengaitkan hal tersebut kepada anak yang tidak tahu apa-apa, kalau merasa keberatan dengan pemberitaan yang beredar, pihak sekolahkan bisa klarifikasi dan memberikan hak jawab, bukannya dengan cara mempermalukan anak didik yang dapat mengganggu psikologis anak seumuran dia,” sesalnya.

Y pun menambahkan, tidak ada maksud untuk mempermalukan sekolah tapi apa yang beredar di pemberitaan itulah fakta yang terjadi. Kalau memang mereka merasa apa yang terjadi di sekolahnya bukan pungli kenapa harus malu.

“Kalau memang mereka merasa benar kenapa harus malu, cukup klarifikasi saja dan tergantung pihak penegak hukum lagi, dalam hal ini Satgas Saber Pungli, kalau memang itu tidak termasuk pungli (pungutan di sekolah,red) dan diperbolehkan, silahkan sampaikan saja dengan pihak media melakukan klarifikasi dan dapat dipublis kembali,”ujarnya.

Data terhimpun hari ini (23/1) diumumkan kepada siswa kelas 9 agar menyampaikan kepada orang tuanya untuk ikut rapat besok (24/1) di sekolah tapi disampaikan secara lisan, namun untuk undangan tertulis dijanjikan besok pagi. [Traaf]

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News