RSUD LEBONG

Dugaan Pungli Mencuat, Komisi I Akan Sidak SMPN 5 Lebong

Dugaan Pungli Mencuat, DPRD Akan Sidak SMPN 5 Lebong

BENGKULU SATU – Terkait mencuatnya dugaan pungli yang terjadi di SMPN 5 Lebong, yang sedang hangat-hangatnya di pemberitaan media masa beberapa hari ini, membuat anggota Komisi I DPRD Lebong Apriantono, SE pun angkat bicara.

Baca juga : Pungli SMPN 5 Lebong Patahkan Pernyataan Kadis Dikbud di Depan KPK

Menurutnya, hal tersebut tidak harus terjadi, sesuai dengan Permendikud Nomor 44 tahun 2012, yang diantaranya berbunyi, Satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau pemerintah daerah dialarang memungut biaya satuan pendidikan, yang berarti pihak sekolah tidak dibenarkan lagi manarik pungutan dalam bentuk apapun kepada wali murid, kecuali sifanya sumbangan yang tidak ada unsur paksaan dan tidak boleh ditetapkan nilainya.

“Aturannya sudah jelas, sesuai dengan permendikbud nomor 44 tahun 2012 dan Perpres nomor  87 tahun 2016 tentang pembentukan Satgas Saber Pungli, tidak hanya itu pemerintah juga telah mengucurkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) setiap tahunnya untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, lantas pungutan apa lagi yang mau diambil dari wali murid,” jelas Tono, Jum’at (18/1/2019).

Baca juga : Kepsek SMPN 5 Lebong Bantah Pungli,Tapi Ada Iuran

Tidak hanya itu, Tono mengaku dirinya sudah sering mendapat laporan dari masyarakat terkait dugaan pungli yang terjadi di sekolah, untuk itu pihaknya akan turun ke lapangan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) guna memastikan benar atau tidaknya dugaan tersebut.

“Besok kami akan turun ke lapangan untuk memastikan kebenarannya, kalau memang benar ada praktek pungli kita harap satgas saber pungli dapat bertindak sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku,” demikian Tono. [Traaf]

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News