Dukcapil Lebong Musnahkan Belasan Ribu KTP-el

Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana saat pemusnahan KTP-el
Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana saat pemusnahan KTP-el

BENGKULU SATU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong melaksanakan pemusnahan ribuan KTP-el rusak/invalid. Proses pemusnahan dilakukan di halaman Kantor Dinas Dukcapil Lebong pada Selasa (18/12/2018), dengan disaksikan oleh pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, serta wartawan.

Adapun jumlah KTP-el yang dimusnahkan yakni KTP-el rusak/invalid sebanyak 15.465 keping, KTP Nasional rusak/invailid sebanyak 530 keping, dan KIA Invailid/rusak sebanyak 2 keping.

Kepala Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, S.Ip. M.Si menyampaikan bahwa pemusnahan KTP-el ini dilkaukan serentak di Seluruh Indonesia, menindaklanjuti surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan KTP-el rusak /invalid.

“Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat edaran Mendagri dalam rangka tertib administrasi dan sebagai upaya peningkatan kualitas layanan, kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan, serta untuk menghindarai penyalahgunaan KTP-el yang rusak/invalid,” kata Elva usai prosesi pemusnahan KTP-el tersebut.

Dijelaskan Elva, pemusnahan ini juga untuk menghindari adanya oknum yang bisa saja memanfaatkan KTP-el ini untuk kepentingan tertentu, seperti kasus penemuan sekarung KTP-el di Pondok Kopi, Kecamatan Duren, Jakarta Timur yang heboh baru-baru ini.

“Biasanya, KTP-el yang rusak atau invalid ini hanya digunting, namun mengingat kejadian tersebut maka Menteri pun memerintahkan untuk dibakar agar tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Dalam prosesi pemusnahan tersebut dihadiri, Kasat Reskrim Polres Lebong Iptu Teguh Ari Aji, S.Ik, Perwakilan Koramil, Kabid Tibum Satpol PP, Andrian Aristiawan, serta Kabid PPNS Satpol PP, Biro. S.Sos. [Traaf]

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

Recent News