RSUD LEBONG

Jadi Polemik, Ternyata Taman Smart City Karang Nio Belum Serah Terima

Jadi Polemik, Ternyata Taman Smart City Karang Nio Belum Serah Terima

BENGKULU SATU – Tampaknya polemik tentang pengelolaan atau kewenangan atas Taman Smart City Karang Nio Kabupaten Lebong terus bergulir, bahkan hal tersebut telah berujung hingga ke Polres Lebong.

Hal ini bermula dari pernyataan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong yang mempertanyakan kewenangan dari Dinas Komunikasi, Informasi, dan Persandian (Kominfo-SP) Lebong dalam memberikan MoU kepada Komunitas Leberty dalam hal pengolahan taman tersebut. Bahkan, polemik tersebut pun terus berlanjut hingga ke Polres Lebong.

Menariknya, saat dikonfirmasi kepada Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, Drs. Dalmuji Suranto ternyata ada fakta menarik yang diungkapkannya. dalam hal ini, Dalmuji mengungkapkan bahwasanya saat ini Kabupaten Lebong belum memiliki kewenangan atas pengelolaan taman tersebut, karena belum adanya serah terima dari Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu tepatnya Satuan Kerja (Satker) Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Bengkulu atau Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).

“Itu kan (Taman Smart City) masih dalam masa pemeliharaan, masih kewenangan Satker RTBL Provinsi Bengkulu. Jadi nanti sesudah masa pemeliharaan, itu nanti baru diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Lebong). Belum penyerahan baru hanya diresmikan,” ungkap Sekda, Selasa (4/3/2019).

Dijelaskan Sekda, Peresmian pada tanggal 6 Januari 2019 lalu tersebut hanya mengambil momen Hari Ulang Tahun Lebong (HUT) Lebong yang ke-15, karena pada saat tersebut Taman Smart City tersebut juga telah selesai dikerjakan.

“Secara Yuridis formalnya kita belum. Kita belum bisa mengambil alih itu (Taman Smart City) karena secara legal formalnya kita belum ada. Namun, jika nanti telah diserahterimakan ke Bupati, ya Bupati mau serahkan kemana itu kebijakan Bupati nantinya,” jelasnya.

Perlu diketahui, Taman Smart City ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Lebong, H. Rosjonsyah. Saat peresmian tersebut juga dihadiri Kapolres Lebong AKBP Andree Ghamaa Putra, SH. S.Ik, Dandim 0409/RL Letkol Kav. Budi Wirman, Kajari Lebong Endang Sudarma, Penjabat Sekdakab Lebong, Drs.Dalmuji suranto, Sekda Kabupaten Merangin, Ketua satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Bengkulu Melki R Saputra, ST, MM, para Kepala OPD, para Asisten, para camat, serta organisasi kepemudaan.

Ketika itu, Bupati Lebong pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah menghibahkan taman tersebut untuk Kabupaten Lebong. Selain itu, Bupati pun menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga dan memelihara taman tersebut, gunakan untuk kegiatan positif, semoga dengan adanya taman tersebut warga Lebong dapat bermain sambil belajar karena di taman smart city dilengkapi dengan layanan akses wifi sehingga pengunjung dapat mengakses internet sambil bermain. [Traaf]

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News