RSUD LEBONG

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Lebong Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Lebong Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan

BENGKULU SATU – Kasus Demam Berdarah (DBD) di Kabupaten Lebong pada tahun 2018 ini mengalami peningkatan yang terbilang cukup drastis, sekitar 16 persen. Dimana hingga bulan Oktober 2018 ini, setidaknya telah terjadi 91 kasus, sedangkan sepanjang tahun 2017 lalu kasus DBD terjadi sebanyak 78 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Lebong Rachman, SKM pun mengakui adanya peningkatan kasus DBD ini.

“Memang terjadi peningkatan dari tahun lalu dan ini menjadi PR kami, 2108 lalu terdapat sebanyak 78 kasus sementara di tahun 2018 hingga Oktober menjadi 91 kasus,” kata Rachman, Selasa (23/10/2018).

Dijelaskannya, kemungkinan faktor pemicu kenaikan tersebut disebabkan perubahan/peralihan cuaca yang cukup ekstrim dan tak menentu belakangan ini, sehingga memicu perkembangan bibit/jentik nyamuk.

Lanjut Rachman, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya seperti membagikan bubuk abate ke masyarakat dan melakukan fogging di daerah yang terserang DBD. Serta dalam waktu dekat ini Dinkes juga akan melakukan fogging massal di wilayah yang rentan terserang DBD.

“Kita sudah menyiapkan bubuk abate di setiap Puskesmas agar dibagikan ke masyarakat untuk ditaburkan ke bak penampungan air guna membunuh jentik nyamuk dan kita juga akan melakukan foging masal di daerah yang rawan terjangkit DBD, seperti daerah Selebar Jaya  Kecamatan Amen dan wilayah lain yang diprediksi menjadi sarang nyamuk,” ungkap Rachman.

Serta Rachman juga menghimbau agar masyarakat di Kabupaten Lebong untuk membiasakan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, terutama dari hal-hal yang dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.

“Biasakan pola hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan bagi masyarakat yang belum dapat bubuk abate silahkan ambil di puskesmas terdekat secara gratis, dan kalau ada warga yang mengalami gejala demam harap segera periksa ke Puskesmas terdekat,” pungkas Rachman. [Traaf]

Wilzentra Apriza

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News