spanduk Tahapan Kampanye

Perkim Bantah Persulit IMB PTM, Ketua TABG : Syarat Belum Lengkap

Perkim Bantah Persulit IMB PTM, Ketua TABG : Syarat Belum Lengkap

BENGKULU SATU – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Lebong bantah tudingan mempersulit pihak Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perhubungan (PUPR-Hub) Lebong melalui Kabid Cipta Karya, Bustari dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman.

Kepala Dinas Perkim Yulizar melalui Ketua Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) Toton Wijaya, ST mengatakan pihaknya tidak pernah mempersulit ataupun membuat aturan yang mengada-ada seperti yang dikatakan Kabid Cipta Karya.

Toton pun menjelaskan, bahwa pihaknya (Perkim) sebagai pemberi rekomendasi IMB harus melaksanakan semuanya sesuai dengan mekanisme aturan ada.

“Tidak mempersulit dan tidak pernah mengada-ada terkait aturan. Tapi, sebagai dinas yang bertanggung dalam pengeluaran rekomendasi IMB ini. Kami harus melaksanakan semua mekanisme sesuai dengan aturan-aturan yang ada,” kata Toton, Jum’at (12/7/2019).

Ketua Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) Toton Wijaya, ST

Lanjut Toton, dalam hal penerbitan IMB, Perkim hanya mengeluarkan rekomendasi, dengan catatan berkas/syarat pengajuan cukup atau dilengkapi oleh pihak pemohon. Karena sudah ada Perda No 1 Tahun 2013 tentang Bangunan Gedung.

“Perlu diketahui, bangunan Pasar Muara Aman bukan bangunan biasa dan sederhana. Dimana hitungan strukturnya harus jelas, seperti data sondir harus ada. Bagaimana mau menilai, jika tidak ada dokumen terkait data sondir dan hitungan struktur,” jelasnya.

“Tidak bisa dipaksakan, karena jika terjadi sesuatu hal buruk di kemudian hari. Terhadap bangunan pasar tersebut (PTM), Perkim terlibat bertanggung jawab,” tambahnya.

Diketahui, terkait adanya penolakan untuk rekomendasi sebelumnya, pihak Peekim sudah menyurati Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang ditembuskan ke Dinas PUPR-HUB untuk diperbaiki dan dilengkapi. [Traaf]

RSUD LEBONG

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

1605633136444
LOGO-JMSI-1

Recent News