spanduk Tahapan Kampanye

Video Oknum Pjs Kades Hina Calon Bupati Lebong Viral di Facebook

Screenshot postingan akun facebook Suci Wulan Dari
Screenshot postingan akun facebook Suci Wulan Dari

Bengkulusatu.co.id – Sebuah postingan video berupa hasil perekaman layar siaran langsung facebook viral di media sosial Facebook. Video tersebut diunggah oleh akun facebook dengan nama Suci Wulan Dari pada 27 September 2020 kemarin.

Dalam video berdurasi 5 menit 17 detik tersebut dimuat dengan caption, “Masya Allah…. bersaing la secara sehat ko menghino calon bupati …beda pilihan oh biaso.
Pantaskah seorang pjs kades menghino Kopli Ansori secara live siaran langsung Kulo menusuk ke fisik seseorang astfzm..kecek NU kasar Ndan,, yg ko Hino oh ciptaan Allah berartai ko menghino Tuhan…
Bisa jadi yg ko Hino ko bakea minoi tulung ngen si siang ,, hebat nya kau angkuh nya kau hasutan mu luar biasa boss👍👍👍
Ati si muloi permainan ye ,, keangkuhan mu BI kten dao ,,, ombong cigai jako ko rungg ah 🤟
Allah Allahuakbar Kinoi ku kopli Ansori menang ya Allah..🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🤲🙏😢”.

Dalam video tersebut diduga merupakan oknum Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Sukau Kayo, Kecamatan Lebong Atas, Kabupaten Lebong, Dikky Refilino, S.Pd. Hal tersebut terlihat dari pengakuan dan nama akun facebook yang melakukan siaran langsung tersebut bernama Dicky Refilino yang ditayangkan pada tanggal 17 September 2020, sekira pukul 16.17 WIB (04.17 PM) sore.

Oknum pjs kades tersebut diduga melakukan politik praktis dengan mengajak ibu-ibu yang tengah melakukan aktivitas jual beli sayur untuk memilih salah satu paslon nomor urut 4 Teguh REP – Nasirwan, SE yang disingkat Tegas.

“Pemilih pintar pilih Tegas,” ujarnya dalam video tersebut.

Namun, salah satu dari penjual sayur tersebut menyebutkan memilih paslon lain, yakni Kopli Ansori. Mendengar hal tersebut oknum Pjs Kades malah mengeluarkan kata yang tak pantas dan cenderung menghina untuk Kopli Ansori yang merupakan salah satu Calon Bupati Lebong, dengan nomor urut 3 dan berpasangan dengan Drs. Fahrurrozi, M.Pd.

“Keme coa keme lok Kopli e. Awok titik, kidek, miling sogoa, kopli e,” ujaran menggunakan bahasa daerah Rejang, yang maknanya “Kami tidak mau Kopli itu. Badan kecil, jelek, bicara kasar, kopli itu”.

Dan kata tersebut pun kembali diulang oleh oknum Pjs tersebut “Sudo ba titik, kidek, miling sogoa Kopli e,” ucapnya lagi.

Bahkan pada akhir video tersebut, perekam siaran langsung tersebut juga mengaku sebagai Pjs Kades Sukau Kayo, dan mengatakan perangkat desa dan massanya siap memenangkan salah satu Paslon.

“Ini Pjs Sukau Kayo ini. Saya punya massa, perangkat ada di atas (Desa Sukau Kayo, red) itu. Tegas menang,” ucapnya lantang, di lokasi video yang diduga di depan salah satu Posko Pengawas Pemilu di Kecamatan Uram Jaya.

Video yang direupload tersebut pun viral dan menuai kritik dari netizen. Bahkan telah ditonton sebanyak 1.228 kali, dan sudah 16 kali dibagikan.

“Tolong kpda aparat..dan panwas pemilu..hal ini hrus d usut,” tulis akun Joyce Lakone pada kolom komentar.

Sementara akun Facebook Karnio Saputra menyayangkan ulah diduga oknum pjs kades dalam video tersebut karena menilai dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat, serta mengingatkan bahwa sahnya para kandidat yang berkontestasi tetap akur dan baik-baik saja.

“Astaghfirullah.
Kita semua tetap saudara, jgn sampai terjadi perpecahan di antara kita, siapa pun calon kandidat yg memenang Kontestasi Pilkada ini dia lah Bupati kita.
Asal kita semua tau bahwa di balik layar sana para kandidat saja tetap akur & komunikasi nya berjalan msh baik2 saja.
Mereka msh bercanda gurau malahan,” tulis akun Karnio Saputra.

Perlu diketahui, setelah viral, kini akun facebook Dicky Refilino sudah tidak dapat ditemukan lagi di pencarian facebook. Kemungkinan sengaja ditutup karena sebelumnya masih ditemukan. Sedangkan Dikky Refilino, S.Pd sendiri diketahui merupakan salah seorang ASN di Kabupaten Lebong. Hingga berita ini diterbitkan, media bengkulusatu.co.id belum mendapatkan konfirmasi terkait kebenaran hal ini dari Pjs Kades Sukau Kayo, saat disambangi ke Kantor Desa tidak ditemui. [Traaf]

RSUD LEBONG

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

2 thoughts on “Video Oknum Pjs Kades Hina Calon Bupati Lebong Viral di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1

Recent News