Lurah Sebut Mutasi Amburadul dan Siap Mundur, Sekda : Buat Surat Pengunduran Diri

Sekda Lebong, Mustarani Abidin
Sekda Lebong, Mustarani Abidin

BENGKULU SATUPasca mutasi yang dilakukan Pemkab Lebong pada Selasa (7/1/2020) lalu, ternyata cukup menuai pro kontra di lingkup Pemkab Lebong, bahkan hingga unsur pimpinan DPRD Lebong. Kritikan terhadap mutasi pun bermunculan, bahkan Samirudin, SH selaku Lurah Turan Lalang, Kecamatan Lebong Selatan pun ikut mengkritik hal tersebut.

Tak tanggung-tanggung, kritikan sang Lurah pun dimuat di salah satu surat kabar harian (SKH) lokal di Kabupaten Lebong. Dimana Lurah menyebutkan jika pelantikan pejabat di lingkungan Pemkab Lebong amburadul, dan diduga tidak mengikuti aturan yang berlaku. Menurutnya, pelantikan pada Selasa(7/1/2020) harus dihadiri ketua tim Baperjakat, serta harus ada penilaian dan pertimbangan sebelum melakukan mutasi.

“Harusnya ada pembahasan di tingkat Baperjakatyang dipimpin oleh Ketua Baperjakat atau Sekda Lebong Mustarani. Sehingga, penempatan pejabat ini berdasarkan evaluasi tim Baperjakat. Tapi yang terjadi, kesannya tidak seperti itu,” ujar Samirudin, Selasa (7/1/2020) dikutip dari SKH Radar Lebong edisi 8 Januari 2020.

Tak hanya itu, Samirudin pun juga berencana untuk meminta petunjuk Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, SIP. M.Si terkait mutasi yang disebutnya amburadul ini. Bahkan, ia pun menyatakan siap untk mengundurkan diri dari jabatannya jika statemennya ini dianggap tidak pantas.

“Sebagai putra daerah, saya siap mengundurkan diri dari jabtan saya ini jika memang pernyataan ini dianggap tidak pantas. Saya sangat prihatin dengan kondisi ini, jika memang mau mutasi harusnya ada evaluasi, pertimbangan, penilaian dari tim Baperjakat. Kalau dilakukan seperti ini, terkesan mengejar batas waktu yang diatur UU, bagaimana kita mau maju kalau mutasi tidak ada dasar penilaian kinerja,” tegas Samirudin.

Menanggapi pernyataan tersebut, Sekda Kabupaten Lebong, Musatarani Abidin, SH. M.Si yang diketahui baru kembali dari menajalankan ibadah umroh ini menegaskan agar Lurah tersebut segera membuat pengunduran dirinya jika memang ingin mundur.

”Suruh dia (Lurah, red) buat surat pengunduran diri. Hari ini juga akan saya setujui,” tegas Sekda, Senin (13/1/2020) usai melakukan hearing dengan DPRD Lebong.

Sementara itu, terkait pernyataan Sekda tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, Drs. Hozen Basri mengatakan akan segera menindak lanjuti dan juga berkoordinasi dengan Sekda.

”Saya akan melapor kepada Sekda terlebih dahulu, terkait langkah-langkah apa yang akan diambil menyikapi sikap lurah itu. Mungkin teguran lisan atau tulisan, dan hal lain nanti setelah saya menghadap Sekda,” singkat Hozen. [Traaf]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

Recent News