Paripurna Perdana Tahun 2020, Pemkab Lebong Sampaikan 8 Raperda Ke DPRD

Paripurna penyampaian nota pengantar Raperda tengah berlangsung
Paripurna penyampaian nota pengantar Raperda tengah berlangsung

BENGKULU SATU – Senin (13/1/2020) sekira pukul 14.30 WIB, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong menggelar paripurna perdana di tahun 2020 di ruang paripurna Setwan DPRD Lebong. Dengan agenda penyampaian Nota Pengantar Raperda Kabupaten Lebong tahun 2020.

Paripurna ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen didampingi Ketua Fraksi Nasdem, Dedi Heryanto mewakili Wakil Ketua (Waka) I, dan Ketua Fraksi PKB, Ronal Reagen mewakili Waka II, lantaran kedua Waka tersebut tidak bisa hadir. Hal tersebut sesuai dengan tata tertib DPRD Lebong pasal 130 ayat 4, “bahwa dalam hal hanya ada 1 dari unsur pimpinan DPRD yang hadir, pimpinan rapat paripurna dapat menunjuk salah satu anggota DPRD yang hadir yang berasal dari fraksi pimpinan DPRD yang tidak dapat hadir mendampingi pimpinan rapat paripurna”.

Kemudian dari pihak eksekutif, dalam hal ini Bupati Lebong, H. Rosjonsyah diwakili Sekda, Mustarani Abidin, SH. M.Si, menyampaikan 8 nota Raperda, yakni :

1. Raperda tentang pengolahan sampah

2. Raperda tentang penetapan bahan baku mutu air dan kelas air sungai di Kabupaten Lebong

3. Raperda tentang lembaga penyiaran publik lokal radio Kabupaten Lebong

4. Raperda tentang penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat.

5. Raperda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)

6. Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah Nomor 21 Tahun 2007 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Lebong

7. Raperda tentang perubahan nama kecamatan pelabai menjadi Kecamatan Tubei

8. Raperda tentang sanitasi total berbasis masyarakat.

Usai membacakan nota pengantar tersebut, Sekda mengharapkan sejumlah Raperda tersebut dapat disahkan menjadi Perda.

“Raperda ini kiranya dapat dibahas lebih lanjut untuk disahkan menjadi Perda Kabupaten Lebong,” harap Sekda.

Senada dengan hal tersebut, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen mengaku siap menggeber seluruh Raperda yang diajukan. Untuk itu Ia pun meminta seluruh anggota DPRD Lebong agar memanfaatkan waktu yang ada untuk membahas Raperda tersebut dengan pihak eksekutif.

“Mari kita bahas Raperda dengan maksimal dengan waktu yang ada, bukan hanya cepat selesai. Tetapi tidak mengurangi kuantitas Raperda yang nantinya akan disahkan bagi masyarakat Kabupaten Lebong,”demikian Carles.

Terpantau, paripurna perdana pada tahun 2020 ini dihadiri sebanyak 20 anggota DPRD Lebong ini, serta turut dihadir sejumlah Kepala dinas dan jajaran OPD, juga dihadiri unsur FKPD Lebong seperti Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur, Danramil 409-07 Lebong Atas Kapten Inf. Tonni R Antoni. [Traaf]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

Recent News