RSUD LEBONG

Senin Malam, Mukomuko Diguncang Gempa Tektonik 5,6 SR

Seni Malam, Mukomuko Diguncang Gempa Tektonik 5,6 SR

BENGKULU SATU – Gempa dengan magnitudo 5,6 skala ritcher (SR) mengguncang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada Senin (16/12/2019) malam sekitar pukul 21.49.16 WIB. Episenternya terletak pada koordinat 3.09 LS dan 100.81 BT, pada jarak 53 km arah Barat Daya Kabupaten Mukomuko, pada kedalaman 54 km. Tidak berpotensi tsunami.

Melalui pesan siaran persnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Jakarta, Rahmat Triyono, ST.,Dipl. Seis., M.Sc menjelaskan gempa ini meupakan gempa tektonik, diperhatikan dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault). Dan dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Kemudian terkait dampak, hingga berita ini ditayangkan pihak BMKG belum menerima laporan adanya kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Gempa ini cukup kencang mengguncang Kabupaten Mukomuko, bahkan goncangan gempa terasa hingga ke kabupaten lainya, seperti Kabupaten Lebong , Kepahiang, dan Kota Bengkulu.

Untuk itu, pihak BMKG pun mengimabu kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbaunya.

Diketahui, pada hari ini Senin (16/12/2019) pagi, gempa juga sempat mengguncang Kabupaten Nias Barat, Propinsi Sumatera Utara (Sumut) pada pukul 03.59 WIB dengan magnitudo 5,0 SR. Episenternya terletak pada koordinat 0.46 LS dan 96.32 BT, pada jarak 138 km Barat Daya Nias Barat, pada kedalaman 24 km, tidak berpotensi tsunami. [Traaf]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

LOGO-JMSI-1
WhatsApp Image 2020-08-20 at 20.37.53
Dinkes Kota Bengkulu Covid-19
BPKAD Kota Bengkulu Covid-19

Recent News