Waspada Modus Baru, Ganja Ditanam Di Kebun Warga

Press realese Polres Lebong
Press realese Polres Lebong

BENGKULU SATU – Sat Narkoba Polres Lebong mengukir prestasi gemilang diawal tahun 2020 ini, dengan sukses mengungkap modus baru penanaman ganja di Kabupaten Lebong dengan cara disemai dan ditebar di kebun warga. Dimana pada Kamis (9/1/2020) sekira pukul 00.30 WIB dini hari, berhasil mengamankan salah seorang laki-laki berinisial EF (29) warga Desa Kampung Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, berikut 13 polibek dan 1 pot bibit narkotika golongan 1 jenis tanaman ganja.

Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, S.Ik didampingi Kasat Narkoba, AKP. Yudha Setiawan, SH mengatakan pihaknya mendapatkan informasi jika EF menanam tanaman ganja tersebut di rumahnya dan mendapatkan bibit ganja dari temannya yang berada di desa Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong.

“Tersangka sehari-hari bekerja sebagai penambang emas tradisional, dari pengakuannya tanaman ganja tersebut akan ditanam di hutan-hutan liar dan kebun warga ketika pergi ke tambang emas,” ungkap Kapolres saat press realese, Rabu (15/1/2020).

Lanjut Kapolres, dari hasil pemeriksaan tersangka tersangka bukan hanya menanam tapi juga pemakai. Dan pihaknya masih terus mengembangkan kasus tersebut.

“Setelah pemeriksaan urine tersangka positif mengandung THC,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolres pun menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan berhati akan modus baru penyebaran dan penanaman tanaman ganja tersebut.

“Kepada masyarakat harap selalu waspada, karena ini modus baru. Dengan modus ini tersangka memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat akan bentuk dan jenis tanaman ganja tersebut. Secara kasat mata, bibit tanaman ganja ini mirip dengan tanaman cabe, hanya jumlah daunnya saja yang berbeda,” imbau Kapolres.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka dijerat pasal 111 ayat (1), ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara. [Traaf]

 

Bengkulusatu.co.id

Media Siber BENGKULUSATU.co.id diterbitkan oleh PT Bengkulu Sekolah Bersama. Akta Nomor 46 Tanggal 26 September 2017. Pengesahan SK Menkumham RI Nomor AHU-0049482.AH.01.01.Tahun 2017

Baca Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Media Siber Bengkulusatu.co.id ~ Sekolah Bersama

Recent News