Kejari Mukomuko Tahan Mantan Sekda

Rabu, 26 Juni 2019 | 6:02 pm | 248 Views

BENGKULU SATU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu telah menahan Syafkani, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) setempat sebagai terdakwa dalam kasus tindak pidana korupsi makan minum di sekretariat Pemkab Mukomuko tahun 2014.

Penahanan ini dilakukan karena berkas pelimpahan tahap kedua mantan sekda dari jaksa penyidik ke JPU sudah lengkap, sekaligus mempermudah JPU melimpahkan berkas ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bengkulu.

“Terdakwa ini ditahan di Rumah Tahanan Malabero Kota Bengkulu sejak kemarin, Selasa (25/6/2019), setelah jaksa penuntut umum menerima pelimpahan dari jaksa penyidik,” kata Kajari Kabupaten Mukomuko, Agus Irawan Yustisianto, Rabu (26/6/2019).

Lanjut Agus, peran mantan sekda dalam kasus tindak pidana korupsi makan dan minum tersebut adalah sebagai yang menandatangani pencairan dana untuk kegiatan tersebut, dan telah merugikan negara mencapai Rp1,5 miliar.

Sebelumnya, Kejari Mukomuko telah menetapkan dua tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi di Sekretariat Pemkab Mukomuko ini. Dimana keduanya, bertindak sebagai kuasa pengguna anggaran atas nama Syarifudin dan Bendahara Martani, dan hingga kini masih menjalani hukuman di lembaga permasyarakatan Bengkulu.

Untuk itu, Agus pun mengingatkan semua pihak termasuk ASN di jajaran Pemkab Mukomuko untuk tidak melakukan tindakan yang sama melakukan korupsi dana makan dan minum, maupun tindakan korupsi lainnya.

“Hampir setiap tahun pemerintah setempat mengalokasikan dana makan dan minum. Saya ingatkan kasus korupsi ini menjadi pelajaran bagi pihak lain untuk tidak melakukan hal yang sama,” demikiannya. [Traaf]

Related Post

Leave a Reply