Bentuk Sinergitas, Bank Bengkulu Salurkan CSR Untuk Masyarakat Lebong

Senin, 22 Juli 2019 | 4:47 pm | 192 Views

BENGKULU SATU – Senin, 22 Juli 2019, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Lebong, Bank Bengkulu melakukan penyerahan Corporate Social Responbility (CSR). Dalam penyerahan CSR ini Bank Bengkulu bekerjasama dengan Forum Tanggunjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) dan Bappeda Kabupaten lebong.

Adapun CSR yang diberikan tersebut, berupa bantuan pemasangan listrik pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 17 unit rumah dengan nilai total Rp.17.000.000, bantuan untuk Yayasan Lebong Rahma Center sebesar Rp. 67.000.000, bantuan sambungan rumah (SR) water meter PDAM untuk 8 KK senilai Rp. 14.400.000, dan pemberian peralatan sekolah untuk 192 siswa sekolah dasar (SD) senilai Rp. 33.600.000, bantuan kotak sampah fiberglass sebanyak 16 unit senilai Rp. 14.400.000 juga bantuan pot beserta bunganya yang akan ditempatkan di 13 titik yang telah ditentukan senilai Rp. 6. 735.000. Selain itu juga terdapat bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi dalam rangka simpel day 2019 senilai Rp.8.750.000, serta bantuan sarana dan prasarana untuk SMA Negeri 5 Lebong senilai Rp.5.000.000.

Dalam kesempatan tersebut, Corporate Secretary Bank Bengkulu, Robi Wijaya, SE mengatakan penyerahan CSR ini merupakan kewajiban dari Bank Bengkulu yang harus diberikan kepada segenap lapisan masyarakat. Dan kewajiban ini harus dipenuhi oleh setiap perusahaan dimanapun daerah yang dinaunginya.

“Bank Bengkulu merupakan lembaga yang memiliki kewajiban memberikan CSR, dan Bank Bengkulu hingga hari ini masih bertahan di Kabupaten Lebong dan banyak didukung oleh masyarakat lebong dari semua lapisan. Saya pikir hal yang wajar Bank Bengkulu memberikan CSR pada lapisan masyarakat tertentu, pemasangan water meter, sambungan listrik bagi masyaakat kurang mampu, serta beasiswa bagi siswa yang berprestasi,” kata Robi, Senin 22 Juli 2019. 

Robi Wijaya saat bersama Bupati Lebong, Dandim 0408 RL, dan Pincab BaBe MaMan

Lanjut Robi, dalam penyerahan CSR pihaknya bekerjasama dengan forum TSLP dan Bappeda Lebong, Ia pun menilai dengan penyaluran melalui forum dan Bappeda tersebut, sasaran CSR yang diberikan lebih tepat guna dan tepat sasaran, dan lebih jelas penyerahaannya.

“Di Kabupaten Lebong ini ada forum TSLP dan Bappeda, kita bekerja sama dengan mereka sehingga apa yang kita berikan itu lebih tepat guna. Seperti saat ini lebih tepat guna, karena biasanya kita berikan berdsarkan apa permohonan orang-orang tertentu tapi ini sudah diatur dan kondiskan oleh Bappeda dan forum TSLP sehingga akhirnya kita seluruh prusahaan itu yang tunduk pada kewajiban akan CSR, memberikan CSR lebih tepat guna dari pada seperti selama ini yang langsung,” jelasnya.

Ditambahkan Robi, untuk tahun 2020 mendatang presentase CSR yang akan diberikan sebesar 5 persen, jumlah ini naik dibandingkan tahun 2019 ini yang masih 3 persen. hal tersebut seiring dengan adanya penambahan modal sebesar 5 miliar oleh Pemrintah Kabupaten Lebong ke Bank Bengkulu, dan menempatkan posisi Lebong dari peringkat 6 menjadi peringkat 3 setelah Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko dalam hal penyertaan modal.

Sementara itu, Bupati Lebong H. Rosjonsyah, S.Ip. M.Si mengucapkan terima kasih kepada Direksi Bank Bengkulu, khususnya Cabang Muara Aman yang telah memberikan partisipasi berupa bantuan CSR kepada masyarakat kabupaten Lebong. Bupati pun mengapresiasi pemberian CSR ini terutama kepada masyarakat kurang mampu, karena hal tersebut sejalan dengan upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Pemkab Lebong, dan ini membuktikan adanya sinergitas antara Bank Bengkulu dengan Pemkab Lebong.

Bupati pun berharap setiap CSR yang disalurkan Bank Bengkulu tersebut akan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kabupaten Lebong. Serta mengingatkan perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Lebong untuk juga menjalankan kewajibanya dalam hal CSR ini, dan diharapkan dapat bekerja sama dengan Forum TSLP dan Bappeda Lebong dalam penyalurannya.

“Terima kasih kepada Bank Bengkulu atas CSR yang diberikan ini, tentunya ini akan sangat membantu masyarakat Lebong. Dan Saya minta kepada seluruh penerima manfaat CSR Bank Bengkulu agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin. juga untuk penerima Beasiswa jadikan ini sebagai motivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar dan mengejar prestasi kedepannya. Dan Tak Lupa saya juga ingin mengharapkan peran dan partispasi seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Lebong untuk memberikan kontribusi positif melalui CSR-nya,” demikian Bupati.

Robi Wijaya saat memberikan CSR berupa beasiswa dalam rangka Simpel Day 2019

Kegiatan ini turut dihadiri General Manager Pertamina Geothermal energy (PGE) Lebong Hasan Basri yang juga merupakan Ketua Forum TSLP, Dandim 0409 Rejang Lebong, Kapolres Lebong, beberapa perwakilan perusahaan yang ada di kabupaten Lebong, para kepala OPD kabupaten Lebong. [Traaf]

Related Post

Leave a Reply