Dana Desa Tahap Pertama, Kades Danau Liang Bangun Irigasi

Kamis, 25 Juli 2019 | 3:32 pm | 395 Views

BENGKULU SATU – Guna menunjang sarana dan prasarana pengairan dan menunjang kebutuhan petani, Pemerintah Desa Danau Liang, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, membangun sarana irigasi. Dari pengalokasian dana desa (DD) tahap pertama, pemerintah desa telah menyelesaikan pembangunan saluran irigasi dengan panjang 71 meter, lebar 80 centimeter, dan tinggi 70 centimeter dengan nilai kegiatan 86.308.600 rupiah, yang dibangun di dua titik di dusun 2.

Foto bersama Pemerintah Desa Danau Liang dengan Tim monev pembangunan desa

Kepala Desa Danau Liang, Endang Karyawan mengatakan mayoritas penduduk Desa Danau Liang adalah petani. Oleh karena itu, dalam rangka upaya menunjang kebutuhan petani dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, dana desa tahap pertama tahun 2019 dialokasikan untuk pembangunan irigasi.

“Saluran ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa, terutama untuk menunjang bidang pertanian dan perekonomian masyarakat desa Danau Liang yang mayoritas adalah petani,” kata Endang, Kamis (25/7/2019).

Bersinergi dengan Babinkhamtibmas monitoring pembangunan irigasi

Lanjut Kades, program pembangunan irigasi ini, sangatlah bermanfaat dalam membantu mencukupi kebutuhan air di areal pertanian.

“Dengan dibangunnya irigasi ini, air akan mengalir dengan baik. Sehingga kebutuhan air untuk lahan pertanian bisa terpenuhi dan dapat membantu meningkatkan hasil pertanian,” jelasnya.

Kades pun mengharapkan, irigasi dan bangunan fisik lainnya yang telah dibangun oleh pihak desa bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Haparan kami selaku pemerintah desa, masyarakat terus mendukung kami dalam melakukan pembangunan. Dan bisa menjaga bangunan yang telah dibangun di desa,” harapnya.

Kades Danau Liang saat mengukur ketinggian irigasi saat proses pembangunan

Diketahui, tahun 2019 ini Desa Danau Liang mendapatkan kucuran DD totalnya senilai 871.759.000 rupiah. Untuk tahap pertama pemerintah desa membangun irigasi, dan untuk tahap kedua dan ketiga nantinya akan dibangun Jalan Usaha Tani (JUT). [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply