Dari PGE Hulu Lais Lebong, Api Porwil Sumatera X Menuju Bengkulu

Kamis, 31 Oktober 2019 | 1:18 pm | 593 Views

BENGKULU SATU – Kamis (31/10/2019), Panitia Pekan Olahraga wilayah (Porwil) Sumatera X Provinsi Bengkulu melaksanakan pengambilan api Porwil di Pertamina Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais, tepatnya di Kawasan Cluster A di Kelurahan Mubai, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong. Api tersebut diambil langsung oleh salah satu karyawan PGE bernama Budi Wigiarto, kemudian diserahkan kepada atlet atletik Lebong, Nasir Wijaya asal Desa Pelabai, Kecamatan Pelabai.

Setelah itu, atlet pun berlari membawa api obor dengan diiringi 10 atlet Kabupaten Lebong lainnya ke rest area PGE yang berada di Kelurahan Taba Anyar, Kecamatan Lebong Selatan. Setibanya di rest area, kemudian api tersebut diserahterimakan oleh Bupati Lebong H. Rosjonsyah, S.Ip. M.Si yang diwakili oleh Asisten I, Jafri, S.Sos kepada Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah yang diwakili oleh Penjabat Sekda Pemprov Bengkulu, Hamka Sabri, lalu api tersebut kembali dibawa oleh atlet menuju ke Kota Bengkulu, dengan melintasi Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah, sesuai dengan torch relay yang telah diagendakan.

Serah terima api Porwil Sumatera X dari Pemkab Lebong ke Pemprov Bengkulu

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Sekda Pemprov Bengkulu, Hamka Sabri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada Kabupaten Lebong dan PT PGE hulu Lais karena telah memfasilitasi dan yang telah mensukseskan pengambilan api porwil tersebut.

“Kita (Pemprov, red) sangat mengapresiasi Kabupaten Lebong, dan juga PGE karena telah sama-sama memfasilitasi dan mensukseskan pengambilan api, dan upacara penyerahan api tersebut dari Pemerintah Kabupaten Lebong selaku pemilik api kepada Pemprov Bengkulu untuk dibawa oleh atlet ke Provinsi Bengkulu,” kata Hamka.

Dijelaskan Hamka, kalau api Porwil ini nantinya akan menuju kabupaten Rejang Lebong, dilanjutkan ke Kabupaten Kepahiang, dan akan menginap di Kahiang satu malam.

“Di Kepahiang satu malam, kemudian esok harinya perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Bengkulu Tengah dan masuk Kota Bengkulu,” jelasnya.

Sekda pun mengharapkan api Porwil ini bisa menjadi cahaya penerang dan memberi sinar bagi pulau Sumatera dan memberikan cahaya untuk Indonesia sesuai dengan filosofinya. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply