Mobnas Fortuner Gagal Lelang Karena Raib, Sekretariat DPRD Lebong Ngaku Tidak Tahu

Rabu, 28 Agustus 2019 | 6:10 pm | 30 Views

BENGKULU SATU – Satu unit kendaraan dinas (kendis) merek Toyota jenis Fortuner 2,5 G.A dengan nomor polisi BD 1201 HY yang batal dilelang oleh pihak Bagian Aset Lebong dan KPKNL Bengkulu pada Rabu (21/8/2019) lalu hingga saat ini belum juga kembali dan tidak diketahui keberadaannya. Bahkan, pihak Sekretariat DPRD Lebong pun mengaku tidak tahu dimana keberadaan unit kendaraan dinas tersebut, dan terkesan cuek saja.

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Lebong, Supriono, SH melalui Kabag Umum, Adryansyah,S.Sos mengaku tidak mengetahui dimana keberadaan mobil tersebut. Bahkan, ia pun mengaku kalau baru tahu kalau mobil itu sudah tidak berada di halaman BKD Lebong pasca lelang selesai dilakukan.

“Setahu kami kendaraan itu berada di halaman Pemkab Lebong, dikandangkan oleh pihak aset. Setahu saya sewaktu pelelangan mobil itu tidak ada lagi di sana (halaman Pemkab, red), seharusnya kalau memang tidak ada berada di tempat, mestinya pihak aset cek ulang, kalau memang tidak ada, dia tanyakan ke sini (bagian umum, red),” kata Adryansyah didampingi bendahara barang, Nora Susanti, Selasa (27/8/2019).

Menurutnya, mungkin saat itu ada yang ingin menggunakan mobil tersebut, jadi dipakailah dulu tapi belum juga dikembalikan.

“Mungkin ada yang ingin menggunakannya kan, barangkali kan, mungkin kan, jadi dibawa lah dulu, namun waktu akan diadakan lelang mobil tersebut belum juga berada di tempat,” tuturnya.

Dijelaskannya, mobil Fortuner tersebut dahulunya berada di Jakarta, sebagai mobil perwakilan di sana. Namun ketika akan dilelang mobil tersebut dibawa pulang ke Lebong, dan diparkirkan di Rumah Dinas (Rumdin) Ketua DPRD Lebong. Karena akan dilelang pihaknya pun mengantar langsung mobil itu ke aset, namun ia tidak menyebutkan siapa yang mengantarkan mobil tersebut.

“Karena masuk daftar lelang, pihak kami pun mengantar langsung mobil itu ke Pihak Aset,” jelanya.

Ditanya terkait ada kordinasi pihak aset dengan pihaknya, Adryansyah pun menjawab belum ada, dan bendahara barangnya pun menjawab juga belum ada.

“Kalau dengan saya belum ada, mungkin dengan Sekwan,” ucapnya.

Kemudian, terkait upaya pencarian, Ia mengaku belum sempat melakukan karena terkendala kesibukan persuaan pelantikan DPRD yang baru.

“Belum ada, karena kemarin-kemarin kita disibukkan dengan persiapan pelantikan Dewan yang baru. Mungkin dalam waktu dekat ini akan segera kami lakukan pencarian. Kalau memang gagal lelang kan, mobil itu kembali ke sini lagi, mungkin akan dilelang untuk periode berikutnya,” jelasnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Bidang Aset, Riska Putra Utama, terkait keberadaan Fortuner BD 1201 HY itu beliau menjelaskan, sampai dengan akan digelarnya lelang unit tersebut tidak dalam penguasaan pihaknya. Pihaknya sudah berapa kali mengingatkan OPD terkait dalam hal ini Sekretariat DPRD untuk segera mengembalikan mobil tersebut, tapi sampai dengan hari pelelangan, Rabu (22/8/2019) belum juga dikembalikan.

“Unit barangnya tidak dalam penguasaan kami, setelah kita koordinasi dengan pihak KPKNL kita ambil keputusan untuk membatalkan lelangnya. Silahkan teman-teman tanya ke Sekretariat DPRD, dikemanakan mobil tersebut,” tegas Riska, Rabu (22/8/2019) lalu. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply