Dilantik Bupati, Mustarani Abidin Resmi Jabat Sekda Lebong

Kamis, 20 Juni 2019 | 4:04 am | 579 Views

BENGKULU SATU – Mustarani Abidin SH. M.Si resmi menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong yang baru, Kamis (20/6/2019). Pelantikan pun dilakukan oleh Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.Ip. M.Si di Gedung Aula Pemda Lebong. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lebong dengan nomor : SK. 821.2.22/08 tahun 2019.

Diketahui, sebelum menjadi Sekda, Mustarani menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Lebong Rosjonsyah mengatakan bahwa pelantikan Sekda ini sudah melewati tahap seleksi sejak Januari lalu. Seleksi tersebut sudah dilakukan dengan prosedur dan transparan.

“Sekda merupakan faktor kunci terselengaranya pelayanan administrif dan pembinaaa Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemerintah Daerah. Sekda harus menjadi seorang leader yang bisa memanage suatu sistem/birokrasi dengan baik,” kata Bupati.

Rosjonsyah pun berharap Sekda yang baru ini tetap fokus dalam tugas jabatannya. Dan tidak boleh sembarangan dalam mengambil keputusan maupun kebijakan, karena itu harus diputuskan secara bersama dan kebijakan juga merupakan miliknya Bupati.

Selain itu, Bupati mengingatkan kepada Sekda baru agar tak jumawa dan merasa lebih pintar karena telah terpilih menjadi Sekda. Juga mengharapkan Sekda menjadi menjadi sosok yang tegas.

“Seorang Sekda juga harus bijak dan pintar serta mau bekerja, jika salah satunya tak ada, akan sulit menjadi pemimpin. Sekda pun harus tegas tapi tidak boleh tempramen, karena seorang pemimpin itu juga harus bisa membina dan menjadi contoh yang baik untuk bawahannya,” tegasnya.

Data terhimpun, Mustarani merupakan satu-satunya peserta yang ikut seleksi jabatan Sekda Lebong yang berasal dari luar Kabupaten Lebong. Sementara 8 pesaingnya semua berasal dari kalangan Pemkab Lebong. Kendati demikian, Mustarani bukanlah sosok baru di Pemkab Lebong, sebelumnya Ia sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKAD) Lebong, Camat Lebong Utara, dan Lurah Pasar Muara Aman.

Menariknya lagi, secara perankingan dari proses asesmen yang digelar oleh panitia seleksi (pansel) beberapa waktu lalu yang diketuai oleh Ardilafiza, SH., M.Hum, Mustarani adalah peraih nilai urutan ketiga atau nilai terendah dari tiga nama yang keluar sebagai tiga besar. Nilai tertinggi diraih oleh Ir.Edi Ramlan, M.Si, kemudian disusul Drs.Dalmuji Suranto di urutan ke dua. [Traaf]

Related Post

Leave a Reply