PAD Pariwisata Lebong 2019 Baru Rp 19 Juta

Rabu, 6 November 2019 | 5:03 am | 142 Views

BENGKULU SATU – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lebong tahun 2019 ini ternyata masih jauh dari kata maksimal. Pasalnya, hingga bulan November 2019 ini PAD dari sektor pariwisata Lebong baru Rp. 19.401.000.

Dalam persentase, nominal tersebut baru 38 persen dari target PAD Lebong pada sektor pariwisata yakni sebesar Rp 50 Juta. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring Evaluasi Pendapatan Daerah 2019 di Aula Gedung Pendapatan BKD Lebong, Selasa (05/11/19).

Asisten III Pemkab Lebong, Sumiati selaku yang memimpin rakor pun cukup geram akan hal tersebut. Namun sayangnya Kepala Dinas OPD tersebut, Frans Leo Julai Simajuntak tidak hadir pada rakor, padahal telah diundang, yang hadir hanya bendahara penerimaannya saja.

“Pariwisata lemah dan tidak kondusif, dari awal saya minta inventarisir dulu obyek pajak/retribusinya. Dalam rapat yang hadir tidak bisa mengambil kebijakan, tidak bisa memberi masukan”, beber Sumiati dalam rakor tersebut.

Sementara itu, Kabid Pendapatan BKD, Rudi Hartono mengakui pihaknya sudah mengirim undangan untuk kepala dinas dan bendahara penerimaan. Namun disayangkan Kepala dinas tidak hadir.

“Sedangkan yang diundang itu Kepala OPD dan bendahara penerimaan. Namun yang datang hanya bendahara penerimaan”, ungkap Rudi.

Menariknya lagi, target PAD dari sektor pariwisata tahun 2019 ternyata jauh lebih kecil jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp. 60 juta, dan realisasinya over target dengan setoran PAD sebesar Rp 61 juta. Entah kenapa, dengan target PAD tahun 2019 bukannya over target justrus malah terkesan anjlok.

“Sebelumnya kami pernah menyurati ke disparpora untuk menyampaikan target ke kita. Namun dinas terkait tidak pernah menyampaikan kesanggupan target tersebut,”ungkap Rudi.

“Target Rp 50 Juta itu kami tidak tahu permasalahannya dimana, apakah kami yang salah ketik atau karena memang tidak ada dasar itu tadi”, tambah Rudi.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Lebong, yang mana telah mengucurkan anggaran miliaran rupiah melalui Dinas pariwisata, Pemuda dan Olaharaga (Disparpora) untuk menunjang fasilitas obyek wisata yang ada di Kabupaten Lebong. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply