Percepat Sertifikasi Tanah, Pemkab Lebong Dan BPN Teken PKS

Senin, 30 September 2019 | 2:32 pm | 197 Views

BENGKULU SATU – Menindaklanjuti amanah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta menyukseskan program Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten Lebong bersama dengan Kantor Wilayah (kanwil) Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Negara (ART/BPN) Lebong melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam upaya percepatan proses sertifikasi tanah di Kabupaten Lebong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, Mustarani Abidin dalam hal ini mengatakan pihaknya menjalankan amanah yang diberikan Presiden dan KPK dalam upaya mensertifikasi aset-aset Lebong yang tidak bergerak terkhususnya tanah milik daerah yang belum bersertifkat.

“Ini tadi PKS-nya yang kita tanda tangan tadi, kerja sama antara BPN Lebong dengan Pemda Lebong. Jadi tindak lanjut sejauh mana aset-aset  Pemda Lebong ini yang tidak bergerak, khususnya tanah untuk kita sertifikatkan secepatnya,” Kata Mustarani, usai penandatanganan PKS tersebut, Senin (30/9/2019).

Mustarani pun menegaskan, dengan adanya PKS ini, Pemkab Lebong akan mensertifikatkan semua aset tanah milik Pemkab, yang ada di Kabupaten Lebong. Termasuk juga aset pemkab Lebong yang masih dikuasai oleh oknum atas nama pribadi.

“Jadi semua kita (Pemkab Lebong, red) clean and clear, sehingga belum sertifikat kita akan sertifikatkan, sudah sertifikat tapi masih dikuasai perorangan, atau belum disertifikat tapi masih dikuasai orang lain,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil ATR/BPN Lebong, Ir. Kristyan Edi Walujo menyampaikan bahwa PKS ini merupakan upaya pemerintah dalam percepatan proses sertifikasi tanah di Kabupaten Lebong, terlebih dengan adanya program PTSL dari pemerintah pusat.

“Ini merupakan kerja sama Pemkab Lebong bersama BPN, harapan kita dari BPN, supaya peran serta dari Pemda termasuk mungkin aset-aset Pemda yang masuk dalam lokasi PTSL bisa di sertifikasi,” singkat Kristyan. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply