Perkuat Sinergitas, Pemkab Lebong Pers Tour Bersama Awak Media

Senin, 25 November 2019 | 11:08 am | 187 Views

BENGKULU SATU – Pemkab Lebong melalui Bagian Keprotokolan Setda Lebong terus berupaya meningkatkan sinergitas, kapasitas, serta penguatan kerjasama dengan awak media yang ada di Kabupaten Lebong. Salah satu upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan Pers Tour 2019, dimana dalam kegiatan ini Keprotokolan Lebong dan para awak media melakukan kunjungan ke MNC Studio, Dewan Pers, dan Humas Pemkot Bandung.

Kunjungan ke MNC Studio/MNC Group

Pada Rabu (20/11/2019), rombongan Pers Tour mengunjungi MNC Studio di Jalan Perjuangan No.22, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Dimana pada kunjungan tersebut Keprotokolan Setda Lebong dan para awak media banyak mendapatkan pebelajaran baik dari cara maupun sistem yang ada di studio tersebut, bahkan juga diberikan pemahaman tentang safety induction yang baik. Selain itu, juga diajak berkeliling MNC Studio, diperlihatkan ruang produksi dan studio-studio acara yand ada di MNC Studio.

Kabag Protokoler Setda Lebong, Riki Irawan S.Sos M.Si mengatakan, kegiatan Pers Tour memang salah satu agenda rutin pihaknya. Kegiatan ini juga dijadikan bahan untuk belajar kepada pihak-pihak yang dianggap mampu dan sudah berhasil penerapan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan awak jurnalis. Juga dipilihnya MNC Group lantaran merupakan group media lengkap dengan semua jenis media.

“Kebetulan tahun ini kita pilih MNC Group karena disana mereka secara terpadu menaungi sejumlah media, baik televisi, media cetak, Media Daring (Online) dan Radio. Kemudian untuk Kehumasan dan Protokoler Pemerintah Daerah, kita pilih Humas Pemkot Bandung. Yang dinilai sudah berhasil dalam program kehumasan dan kerjasama dengan awak media,” ungkap Riki, Sabtu (23/11/19) usai mengikuti Kegiatan Pers Tour 2019.

Kunjungan ke Dewan Pers

Usai dari MNC, dilanjutkan dengan kunjungan ke Gedung Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih No.32-34, RT.11/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Di sini Tim Protokol Setda Lebong maupun awak media banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Terutama bagian Kehumasan Pemkab Lebong, lebih banyak mendapatkan masukan terkait langkah-langkah menghadapi sejumlah oknum Wartawan Tanpa Surat Kabar (WTS) langsung dari anggota Dewan Pers RI, Ir Ahmad Djauhar.

Dijelaskan Riki, tahun ini pihaknya sengaja memilih melakukan kunjungan kerja sekaligus menimbah ilmu kepada lembaga kompeten dalam dunia pers dan jurnalistik, yakni ke Kantor Dewan Pers RI. Dalam pertemuan langsung dengan Anggota Dewan Pers RI, Ir Ahmad Djauhar tersebut, pihaknya banyak mendapatkan masukan dan motivasi terkait kinerja dalam kehumasan dan juga bagaimana pola kerjasama yang baik menurut Dewan Pers itu sendiri yang harus diterapkan di Setda Lebong.

“Yang paling berkesan adalah, disaat Tim Protokol Setda Lebong bersama rekan-rekan media bertemu langsung dengan Anggota Dewan Pers RI. Kita banyak mendapatkan masukan dan motivasi bagaimana cara pola bekerjasama dengan media legal, maupun cara menghadapi Oknum WTS musiman yang juga indentik dengan wartawan abal-abal,” jelas Riki.

Foto bersama Humas Pemkot Bandung

Kunjungan ke Pemkot Bandung

Kemudian di hari berikutnya, Kamis (21/11/2019), Tim Protokol Setda Lebong dan awak media menyambangi Balai Kota Bandung di Jalan Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung. Di Balai Kota, Tim Protokoler Setda Lebong disambut baik oleh Kabag Humas Pemkot Bandung, Sony Teguh Prasatya. Dipilihnya Pemkot Bandung ini lantaran sudah banyaknya prestasi yang diraih dalam bidang kehumasan serta baiknya hubungan antar Pemkot dengan para awak media yang ada di Bandung.

Dari kunjungan di Pemkot Bandung ini, banyak juga pembelajaran yang dapat diambil baik dalam hal kehumasan serta regulasi yang diterapkan Pemkot dalam hal kerjasama media. Selain itu, dalam hal perlakuan Pemkot Bandung menganggap awak media itu sebagai sahabat, dan bukanlah sesuatu yang ditakuti. Dan Tim Ptokoler Setda Lebong dan awak media pun sempat diajak ke ruang khusus bagi wartawan yang ada di Balai Kota Bandung. [Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply