PMD-Sos Lebong Rakor Bersama TIK Program Inovasi Desa

Selasa, 30 Juli 2019 | 12:04 pm | 191 Views

BENGKULU SATU – Guna meningkatan kordinasi pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan program-program dalam lingkup Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMD-Sos) Lebong menggelar Rapat Kordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa (PID), Selasa, 30 Juli 2019.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD-Sos Lebong, Reko Haryanto, menjelaskan rakor ini merupakan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan program-program dalam lingkup PPMD, serta penyebarluasan informasi mengenai program dan capaian hasil pelaksanaannya kepada pemerintah selaku pemangku kepentingan, desa, dan masayarakat seperti yang termaktup dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dengan adanya Rakor TIK, Reko mengharapkan dapat menjadi media pembelajaran serta peningkatan kapasitas bagi para pelaku program-program PPMD tersebut, dan mengahsilkan suatu capaian yang baik dan sinergitas.

“Rakor TIK ink diharapkan dapat menjadi pintu masuk sinergi program-program lingkup PPMD. Dengan demikian upaya pelembagaan dan pengorganisasian pendampingan implementasi UU Desa dalam masyarakat dan sistem pemerintahan dapat berjalan optimal,” kata Reko.

Asisten I, Jafri, S.Sos saat membuka Rakor TIK PID

Sementara itu, Sekda Lebong, Mustarani Abidin, SH, M.Si yang diwakilkan oleh Asisten I, Jafri, S.Sos sebelum membuka rakor tersebut menyampaikan bahwa adanya Rakor TIK PID ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dengan meningkatkan kesejateraan masyarakat desa melalui pemberian Dana Desa, dan desa pun kedepannya diharapkan memiliki kemandirian ekonomi dan daya saing.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dalam mengembangkan rencana dan melaksanakan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian ekonomi, serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing,” sampainya.

Dalam Rakor tersebut terlihat hadir Asisten I, Jafri S.Sos., Inpektur Inspektorat, Jauhari Candra, perwakilan OPD, TA, dan seluruh pendamping desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD). [ADV/Traaf]

 

Related Post

Leave a Reply